Pekanbaru, pilarbangsa.com – Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi (SMKF) Ikasari Pekanbaru dibawah Yayasan Universitas Riau memiliki beberapa program keahlian diantaranya farmasi/teknologi farmasi, teknik kimia industri, dan teknik laboratorium medik.

Untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024-2025, SMKF Ikasari yang merupakan sekolah pelopor farmasi se Riau ini membuka peluang kesempatan bagi lulusan SMP sederajat untuk bisa bergabung dengan membuka pendaftaran mulai dari tanggal 6 November 2023 hingga 29 Februari 2024 di gelombang pertama dan dibuka kembali pada tanggal 1 Maret 2024 hingga 28 Juni 2024 di gelombang kedua.

Kepala SMKF Ikasari Pekanbaru Endria Erman S.Si menyebutkan bahwa tahapan jalur seleksi pada pelaksanaan PPDB 2024-2025 meliputi seleksi nilai rapor, seleksi ujian tertulis, dan seleksi khusus.

“Untuk seleksi nilai rapor minimal rata-rata nilainya 75, dilihat pada nilai rapor dari semester dua hingga semester empat. Pada seleksi ujian tertulis, para calon peserta didik harus mengikuti ujian dengan sistem Computer Based Test (CBT) online atau Tes Berbasis Komputer,” ujar Endria, Jum’at (08/12).

Namun untuk jalur seleksi khusus, Endria menjelaskan calon peserta didik yang diprioritaskan memiliki keahlian serta ketentuan-ketentuan khusus, dengan diberikan keringanan pemotongan biaya uang pembangunan sebesar 30 persen.

“Keahlian meliputi tahfiz Qur’an dengan hafalan minimal 1 juz bebas, atau selama di SMP selalu meraih juara 1 hingga 3, dan juga memiliki prestasi non akademik dengan melampirkan piagam prestasi,” jelas Endria.

“Di tahapan jalur seleksi khusus ini kita juga menerima anak yang orang tuanya berprofesi sebagai tenaga pendidik atau guru. Kemudian kita akan mengutamakan anak yatim dan warga tempatan,” imbuhnya.

Terakhir, pria yang telah menjabat kepala sekolah selama kurang lebih 6 tahun ini menambahkan untuk tahun ajaran 2024-2025, SMKF Ikasari Pekanbaru mempunyai program plus, seperti Tahsin Al Qur’an dan Asrama Camp English.

“Ini merupakan program terbaru dari SMKF Ikasari pekanbaru, untuk Tahsin Al Qur’an kita setiap minggu akan mengundang guru dari luar, yang mengajarkan anak didik membaca Al Qur’an sesuai dengan bacaan tajwid dan tartil yang benar,” jelas Endria.

“Dan untuk program Asrama Camp English ini sudah mulai kita bangun yang bisa digunakan pada tahun ajaran 2024-2025 nanti. Jadi Asrama ini mempunyai fasilitas lengkap sesuai kebutuhan siswa, mulai dari tempat tidur, lemari pakaian, mesin pencuci pakaian, dan lain sebagainya. Uniknya, di dalam asrama ini aktifitas komunikasi siswa wajib menggunakan bahasa inggris yang dibimbing oleh guru yang mempunyai keahlian, ilmu, dan talenta khusus dalam berbahasa inggris,” tutupnya.

Ia pun berharap dengan melakukan berbagai perubahan inovasi yang mengikuti perkembangan teknologi, tentunya SMKF Ikasari Pekanbaru akan mampu bersaing dalam menciptakan SDM yang unggul khususnya dibidang Farmasi baik ditingkat Provinsi hingga Nasional kedepannya.

Untuk diketahui, SMKF Ikasari Pekanbaru telah Terakreditasi ‘A’ yang beralamatkan di Jalan Bangau Sakti/Mawar No.98 Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Bina Widya, kota Pekanbaru, Provinsi Riau. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *