Pekanbaru, pilarbangsa.com – Menuju peningkatan kinerja dan perbaikan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Puskesmas Senapelan melakukan penilaian akreditasi.

Mekanisme penilaian akreditasi tersebut juga menjadi upaya dalam peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen risiko.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Puskesmas (Kapus) Senapelan Widodextrosa SKM, MKM berharap dapat lebih baik serta memperoleh penilaian akreditasi paripurna.

“Mudah mudahan peningkatan mutu di Puskesmas Senapelan ini dapat dicapai, karena selama ini kita selalu mendukung program kerja pemerintah kota Pekanbaru seperti Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah, atau Universal Health Coverage (UHC) dan layanan Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat (Kurma Manis),” jelas Wido.

Ia akui juga dengan menjalankan program kerja dari pemerintah kota Pekanbaru tersebut, tingkat kepesertaan dan kunjungan masyarakat terjadi peningkatan dari 11 ribu menjadi 15 ribu jiwa.

“Tentunya kami berharap warga yang datang ke Puskesmas Senapelan ini dapat memperoleh pelayanan yang lebih baik dengan peningkatan mutu yang terbaik,” ujar Wido.

Menurut Wido, mekanisme tahapan akreditasi yang dilalui merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan ilmu dari para tim penilai, maka dengan penilaian ini dapat meningkatkan mutu pelayanan di Puskesmas Senapelan.

Ia mengungkapkan juga untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Puskesmas Senapelan telah melakukan penanganan atau tindakan pengobatan dari dalam gedung maupun diluar gedung.

“Kami memiliki program unggulan seperti Kismis yakni Kamis Imunisasi, untuk teknisnya kami menghimbau kepada masyarakat yang tidak sempat mengantarkan anaknya ke posyandu-posyandu terdekat dapat dibawa ke puskesmas setelah jam pelayanan di atas jam satu siang,” ujar Wido.

“Kemudian ada juga program ting ting yaitu cegah stunting yang merupakan salah satu program prioritas nasional yang sangat paling kita utamakan,” tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir salah satu anggota DPRD kota Pekanbaru dari fraksi Partai Hanura, H.Suherman sangat yakin untuk tim penilai akreditasi tentu dipastikan akan memberikan hasil yang terbaik.

Karena dari pengamatan pria yang akrab dipanggil Herman Abak ini, Puskesmas Senapelan sudah cukup baik dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, karena dilihat dari aktifnya kader-kader posyandu maupun disdalduk KB serta pemerataan bantuan sudah cukup baik.

“Kami berharap kepada pihak puskesmas untuk bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat lebih maksimal. Sering-seringlah mensosialisasikan masalah kesehatan, baik di media sosial maupun pertemuan-pertemuan dengan masyarakat,” pesan Herman Abak.

“Jangan sampai dijumpai warga yang sakit karena tidak mendapatkan perhatian layanan kesehatan dari kita. Setidaknya kita selalu mengontrol ataupun melihat kondisi dilingkungan wilayah sekitar kita, dengan menurunkan tenaga-tenaga kesehatan untuk menyambangi warga dari rumah ke rumah,” singkatnya.

Untuk diketahui, rangkaian penilaian akreditasi dilaksanakan beberapa tahap, mulai dari kegiatan Daring pada tanggal 16 November lalu, dilanjutkan dengan Luring di tanggal 22 hingga 23 November 2023, dan terakhir kunjungan ke puskesmas pembantu dan posyandu-posyandu disetiap tingkat kelurahan. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *