Info, pilarbangsa.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu RI) memastikan pihaknya tidak menemukan adanya indikasi pengaturan penetapan nomor urut calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) pada Pilpres 2024.

“Dalam pengawasan Bawaslu, tidak ditemukan indikasi pengaturan terhadap pengundian nomor urut calon presiden dan wakil presiden,” kata Anggota Bawaslu, Lolly Suhenty, dalam keterangannya, Kamis (16/11/2023).

Bawaslu awasi langsung tahapan pengundian

Lolly menuturkan, tahapan pengundian nomor urut oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dilakukan berdasarkan ketentuan Pasal Pasal 3 ayat (1) huruf c, dan Pasal 53 ayat 1 PKPU Nomor 19 Tahun 2023.

Bawaslu memastikan hadir di lokasi dan mengawasi langsung jalannya pengundian dan penetapan nomor urut capres-cawapres, yang digelar di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 14 November 2023.

Kemudian, proses pengawasan yang dilakukan secara langsung telah dituangkan dalam form A hasil pengawasan.

“Dalam proses pengundian nomor urut itu kami hadir untuk melakukan pengawasan secara langsung terhadap proses pengundian tersebut berdasarkan kewenangannya,” ucap dia.

Bawaslu kaji dugaan pelanggaran pasangan calon ajak memilih saat ambil nomor

Bawaslu juga menyoroti pidato sambutan seluruh pasangan capres-cawapres dalam acara pengundian dan penetapan nomor urut untuk Pilpres 2024.

Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja, akan mengkaji lebih lanjut dugaan pelanggaran terkait ajakan memilih yang dilakukan pasangan capres-cawapres di luar masa kampanye.

Adapun masing-masing paslon diberikan waktu oleh KPU untuk menyampaikan pidato kebangsaan setelah pengundian nomor urut peserta Pilpres 2024 di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 14 November 2023 malam.

“Iya itu ajakan memilih. Ajakan memilih ada,” kata Bagja dalam keterangannya kepada awak media, Rabu (15/11/2023).

“Ya kita lihat, kita kaji dulu,” lanjut dia.

Bagja meminta agar publik memberikan waktu kepada Bawaslu untuk melakukan kajian dan penelusuran terkait dugaan pelanggaran tersebut.

Dia menjelaskan, dugaan pelanggaran bisa masuk melalui pintu pelaporan dan temuan. Namun, dalam menemui dugaan pelanggaran, Bawaslu perlu mengkaji lebih lanjut.

“Kita lihat nantilah. Kan masuk LHP namanya, Laporan Hasil Pengawasan, masuk ke form A. Laporan kami, bisa temuan bisa ini, kita lihat dugaannya apa, dan kami juga tidak bisa, misalnya ya menentukan langsung (pelanggaran) kan gak pas juga,” ucap dia.

Sebelumnya, pasangan capres-cawapres dalam sambutan di KPU diduga melanggar aturan karena mengajak publik memilih di luar masa kampanye.

Cawapres Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar sempat mengajak masyarakat memilih nomor satu lewat sebuah pantun.

“Ke Mamuju jangan lupa pakai sepatu. Kalau ingin maju pilihlah nomor satu,” kata Cak Imin.

Kemudian paslon lainnya, Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga melontarkan pantun yang serupa. Melalui pantun, dia mengajak masyarakat memilih nomor tiga.

“Hukum yang tegak harapan kita, sejahtera merata di depan bersama. Ganjar Mahfud pilihan kita, gotong royong pilih nomor tiga,” ucap Mahfud MD.

Nomor urut pasangan capres-cawapres: AMIN 1, Prabowo-Gibran 2, Ganjar-Mahfud 3

Diketahui, KPU RI telah menetapkan nomor urut pasangan capres-cawapres. Pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor urut pertama.

Sementara, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka urutan kedua, dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD nomor urut tiga.

“Dengan demikian nomor urut paslon presiden dan wakil presiden untuk tahun 2024 adalah, nomor urut satu untuk pasangan calon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, nomor urut dua untuk Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut tiga untuk Ganjar Pranowo dan Mahfud MD,” ucap Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa, 14 November 2023.

Sebelumnya, pengundian nomor urut capres- cawapres dilakukan dalam dua tahap.

Komisioner KPU RI, Idham Holik, menyampaikan, mekanisme pertama tahapan itu dilakukan dengan mengambil nomor antrean.

Pengambilan nomor antrean itu juga dilaksanakan secara berurutan sesuai waktu pendaftaran capres dan cawapres ke KPU.

Dengan demikian, pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar akan mengambil nomor antrean pertama. Kemudian disusul Ganjar Pranowo – Mahfud MD. Terakhir, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

“Mekanisme pengundian nomor urut paslon capres cawapres itu dilakukan dua tahap, tahap pertama pengambilan nomor antrean, pengambilan antrean ini sesuai dengan waktu pendaftaran bacapres bacawapres yang waktu itu telah dilaksanakan tanggal 19 sampai 25 Oktober 2023,” kata Idham di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *