Pekanbaru, pilarbangsa.com – Pada rangkaian HUT BNI yang ke 77, melaksanakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan dengan melakukan penanaman batang pohon pelindung jenis trambesi diseputaran sungai di Jalan Parit Indah ujung pada Senin (6/11) Pagi.

Dalam hal ini Kalaksa BPBD kota Pekanbaru Zarman Candra S.STP, M.Si ikut serta hadir dalam kegiatan peduli lingkungan tersebut, karena merupakan salah satu dinas terkait yang menjadi pelaksana kebijakan penanggulangan bencana dibidang pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, dan peringatan dini bencana.

Ia menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak BNI yang telah memperhatikan dan peduli terhadap lingkungan dengan melakukan penanaman 100 batang pohon jenis trambesi sehingga dapat membantu peran dan tugas BPBD dalam menanggulangi dampak bencana salah satunya banjir.

“Alhamdulillah kami merasa terbantu atas  program BNI melakukan upaya mitigasi dengan menjaga lingkungan hidup yaitu melakukan penanaman pohon di salah satu aliran sungai di kota Pekanbaru. Dan ini perlu kita apresiasi karena upaya wujud cinta terhadap lingkungan, sehingga potensi banjir disekitar luas sungai bisa diminimalisir,” ujar Zarman.

Mendampingi Staf Ahli Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setdako Pekanbaru, Zarman mengatakan selain upaya mitigasi bencana penanaman pohon, pemerintah kota Pekanbaru juga telah melakukan normalisasi dialiran sungai  Sail, yang kerap terjadi banjir apabila hujan berkepanjangan.

“Maka saat ini kita lihat ketika debit air tinggi di sungai tersebut bisa tertampung setelah dilakukan normalisasi, sehingga menuju muaranya ke sungai tidak ada hambatan,” ujar Zarman.

Alumni IPDN 08 ini juga menambahkan dengan dilakukannya mitigasi penanaman pohon tersebut, tentunya dapat menguatkan struktur tanah dari deras aliran air sungai akibat hujan dan tidak akan terjadinya abrasi.

“Maka kita himbau kepada masyarakat agar bersama-sama kita jaga dan lestarikan lingkungan. Marilah kita dukung program Wali Kota Pekanbaru Bapak Muflihun dalam mewujudkan kota bersih bebas dari banjir, yang programnya Pekanbaru bebas sampah dicanangkan pada 6 Juni 2022 lalu,” sebut Zarman Candra.

“Dan harapan kami (BPBD kota Pekanbaru, red) kepada para pemangku wilayah dari Camat hingga Ketua RT, agar senantiasa melakukan himbauan-himbauan kepada masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dari ancaman bencana,” tutupnya.

Sementara itu, Area Head BNI Regional 02 Yudhi Darmawan mengatakan penanaman pohon yang bertajuk plant a tree plant a life tersebut, BNI Wilayah 02 area Sumbar, Riau, dan Kepri turut menyumbang 100 bibit pohon, diantaranya 15 bibit pohon trambesi yang berfungsi menahan abrasi di pinggir sungai, dan 85 bibit pohon lainnya.

“Kegiatan penanaman bibit pohon ini sejalan dengan arahan Kementerian BUMN kepada BNI untuk terus mendorong program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dengan fokus pada kepedulian terhadap lingkungan melalui aktivitas kampanye program penghijauan,” ujar Yudhi.

“Hal ini juga sebagai bentuk upaya BNI mendukung gerakan penghijauan, dan upaya melestarikan lingkungan melalui penanaman 100 pohon trambesi yang dapat mencegah abrasi,” tutupnya.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Mahyuddin, Sekretaris BPBD Kota Pekanbaru Adrizal, Regional business, transaction & Digital development departemen head  bni regional office 02 Meiliana, Regional commercial remedial and recovery head Vito Shiga Hendrastyo, Branch Manager BNI Pekanbaru Amri Hidayat Arief, dan tamu undangan lainnya. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *