Pekanbaru, pilarbangsa.com – Puncak Milad Ke 5 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Pekanbaru telah dilaksanakan pada Sabtu, 28 Oktober 2023 mengangkat tema MAN 3 siap menuju angka 1.

Kegiatan yang sangat meriah tersebut dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatra Barat Dr. Mahyudin MA, Kepala Bagian TU Kanwil Kemenag Provinsi Riau H. Asmuni MA, Kepala Kemenag kota Pekanbaru Drs. H. Syahrul Mauludi MA, Kasi Penmad Kemenag kota Pekanbaru Rialis, Kepala MAN 3 Pekanbaru Marzuki M.Ag, seluruh Kepala Madrasah se kota Pekanbaru, Kabag TU MAN 3 Pekanbaru, seluruh Waka dan majelis guru, serta pengurus Komite Madrasah, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan Kepala MAN 3 Pekanbaru Marzuki M.Ag menyampaikan bahwa agenda rangkaian kegiatan milad yang ke 5 tahun 2023 memiliki banyak perkembangan dan perbedaan dari tahun sebelumnya.

Menurutnya, di Milad tahun ini menampilkan seluruh bakat, minat, dan kreasi dari anak murid, seperti pertunjukan silat, dramatisasi menuju gemilang, drama musikal story telling, hadroh, tari kreasi.

“Lebih menariknya rangkaian milad sekarang seluruh siswa dan siswi di setiap jurusan kelas mempertunjukan karya mereka sebanyak kurang lebih sekitar 20 stand, mereka disini menampilkan raihan prestasi selama berkompetisi,” jelas Marzuki.

“Ini hal yang sangat luar biasa bagi anak kita, suatu kebanggaan karena mereka bisa menguasai akademik dan non akademik di MAN 3, tentunya ini berkat peran serta dari seluruh guru dan orang tua,” imbuhnya.

Menurutnya, kegiatan non akademik atau ekstra kurikuler merupakan suatu program dalam meningkatkan minat dan bakat anak, ternyata hasil yang diperoleh yakni kemampuan murid di MAN 3 Pekanbaru secara keseluruhan sangat memuaskan.

“Saya membayangkan bahwa selama ini  kegiatan ekstra kurikuler ini suatu hal yang biasa-biasa saja, namun hasilnya sangat maksimal bagus. Dan harusnya ini perlu disaksikan langsung oleh orang tua murid, bagaimana mereka menilai kemajuan kemampuan dari anaknya tersebut,” ucap marzuki.

Terakhir, atas nama keluarga besar MAN 3 Pekanbaru mengucapkan terimakasih kepada Dr.Mahyudin MA yang selama menjabat Kepala Kanwil kemenag di Provinsi Riau telah banyak memperhatikan kebutuhan seluruh madrasah.

“Kami sangat sedih dengan pindahnya beliau bertugas ke Provinsi Sumatra Barat, kami berdo’a semoga beliau sukses bekerja disana,” tutup marzuki

Kepala Kemenag kota Pekanbaru Drs. H. Syahrul Mauludi MA mengucapkan tahniah kepada MAN 3 Pekanbaru yang telah berdiri dalam waktu 5 tahun terakhir.

Ia pun berharap, kedepannya MAN 3 Pekanbaru akan tetap semakin maju dan semakin jaya, sesuai dengan tema yang telah ditentukan, sehingga angka 3 saat ini bisa menjadi angka 1.

“Namun pada hakikatnya angka 1 ini merupakan upaya menjadikan suatu motivasi agar tetap  berprestasi dan unggul disegala bidang. Kami sangat menyambut baik keinginan besar man 3 Pekanbaru untuk terus gemilang kedepannya,” ujar Syahrul.

“Tentunya harapan untuk maju perlu didukung oleh semua pihak dengan komitmen bersama mendukung seluruh program madrasah. Kita bukan lah superman namun super tim, karena kita tidak bisa bekerja sendiri, perlu kerjasama agar sukses,” tambahnya.

Untuk memotivasi, Syahrul berpesan kepada seluruh kepala madrasah agar terus berkreasi dan berinovasi dan jangan berhenti, karena dengan prestasi tersebut dapat membawa nama besar suatu institusi.

“Ingat, tidak ada negara maju yang tidak memperhatikan pendidikan, maka marilah raih prestasi dengan kemampuan ilmu yang kita miliki,” tutup Syahrul Mauludi.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha kanwil Kemenag Provinsi Riau H. Asmuni MA menjelaskan bahwa perkembangan madrasah dari masa ke masa sangat pesat, maka wajar saja MAN 3 Pekanbaru akan menuju angka 1 dalam mencapai prestasi.

“Saya bercerita sedikit tentang pengalaman ketika pernah di madrasah, saya selalu membekali anak-anak kita dengan ilmu rubiah dan rupiah, maksudnya nilai ketuhanan (rubiah, red) tanpa didukung dengan nilai ekonomi (rupiah, red) bisa goyang. Tapi nilai ekonomi tanpa ada nilai ketuhanan bisa sesat, untuk itu marilah beri support kepada anak-anak kita bagaimana bisa meraih rupiah atau menjadi pengusaha yang sukses serta bertakwa kepada Allah SWT,” singkatnya.

Kegiatan selanjutnya para tamu undangan melakukan kunjungan ke stand-stand expo karya siswa dan dilanjutkan dengan meresmikan  gedung kelas baru MAN 3 Pekanbaru. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *