Pekanbaru, pilarbangsa.com – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Pekanbaru pada Rabu, 25 Oktober 2023 melaksanakan kegiatan Festival Pelajar Nusantara dan juga kegiatan Gerakan Cerdas memilih.

Dalam penjelasan Kepala SMAN 5 Pekanbaru Elmi Gurita mengatakan bahwa kegiatan Festival Pelajar Nusantara merupakan program unggulan  bagi sekolah.

Mengingat pada tahun sebelumnya, perlombaan seni budaya yang diikuti oleh seluruh SMAN sederajat, maka yang masuk sebagai juara terbaik penilaian kreatifitas dan menjadi juara umum yakni SMAN 5 Pekanbaru.

“Untuk program seni budaya yang kita miliki di sekolah ini memang sudah sangat bagus, ditambah dengan kolaborasi bersama tim, tentunya akan menambah minat bakat bagi anak-anak. Bayangkan saja untuk persiapan kegiatan ini hanya satu minggu saja, alhamdullilah lancar,” jelas Elmi.

Ia sebutkan juga bahwa festival pelajar nusantara ini SMAN 5 Pekanbaru sudah kedua kalinya ditunjuk sebagai tuan rumah, dengan menonjolkan pertunjukan sejenis musik tradisional, tari kreasi anak-anak, dan lain sebagainya.

“Kalo untuk budaya, kita menampilkan pakaian-pakaian adat daerah, teater dengan mengangkat tema kebudayaan melayu,” ujar Elmi.

Terakhir, Elmi mengatakan selain acara festival pelajar nusantara, digelar juga yakni kegiatan gerakan cerdas memilih yang tujuannya adalah mewujudkan serta menyukseskan Pemilu 2024 mendatang.

“Pada hari ini juga kita gelar gerakan cerdas memilih, yang mana bermaksud mensosialisasikan tahapan demi tahapan pelaksanaan pemilihan umum serentak nanti. Dan kita juga akan mengedukasi anak-anak agar bijak dalam memilih pemimpin,” sebut Elmi.

“Sebagian anak-anak di SMAN 5 ini sudah siap ikut serta menentukan Indonesia lima tahun kedepan, karena sudah hampir 80 persen siswa yang bisa memilih dengan sudah mempunyai KTP, dan mereka merupakan pemilih pemula,” tutupnya.

Kegiatan yang cukup heboh dan meriah tersebut dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri)  Edi Natar Nasution bersama rombongan.

Menurut Wagubri kegiatan ini sangat positif, sehingga menjadi salah satu upaya pembentukan karakter bangsa, khususnya para pelajar, dan mereka dapat membangun potensi maupun minat dan bakatnya.

“Manfaatkanlah kesempatan ini untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang dapat dipergunakan untuk menjadi generasi penerus yang produktif dan berkualitas,” ujar Wagubri.

Wagubri juga sebut bahwa pemuda merupakan generasi penerus bangsa yang mempunyai peran penting bagi negara Indonesia dalam memperjuangkan, mempertahankan, serta mengisi kemerdekaan.

“Bangsa yang kuat berasal dari kualitas generasi mudanya, sebagai penerus tegaknya NKRI. Ini membuktikan dengan semangat dari kerja keras kita dapat mandiri dalam kerja keras mensejahterakan negeri ini. Semuanya itu diawali dari ketauladanan, disiplin, dedikasi, serta motivasi yang tinggi dari generasi muda,” tutup Wagubri.

Adapun pembicara untuk kegiatan Gerakan Cerdas Memilih dari Ketua KPU kota Pekanbaru, Ketua Bawaslu kota Pekanbaru, dan Kasi Intel Kejari Pekanbaru yang diikuti oleh seluruh siswa-siswa SMAN 5 Pekanbaru. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *