Pekanbaru, pilarbangsa.com – Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Kelautan dan Perikanan mengelar kegiatan Lomba Masak Ikan yang pesertanya diikuti oleh Dinas terkait di kabupaten/kota se Provinsi Riau pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Gubernur Riau yang diwakili oleh Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy menyampaikan selamat datang kepada para peserta dan menyambut baik terselenggaranya lomba masak ikan tingkat Provinsi Riau tahun 2023 yang bertemakan ikan untuk generasi emas.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kita untuk menumbuhkembangkan kepedulian dan kecintaan masyarakat untuk gemar makan ikan mulai sejak dini,” sebut Asisten I.

Masrul menyampaikan juga, dengan memakan ikan dapat menambah asupan gizi yang baik bagi ibu-ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak di usia 1.000 hari kelahiran pertama.

“Didalam ikan juga mengandung asam lemak tak jenuh, yang bermanfaat untuk pertumbuhan sel-sel otak, sehingga mampu meningkatkan kecerdasan serta menjadikan tubuh sehat dan kuat,” jelasnya.

Patut disyukuri juga bahwa Provinsi Riau telah dianugerahi kekayaan sumber daya alam, termasuk menurutnya sumber daya perikanan dan kelautan.

“Potensi yang kita miliki ini merupakan modal dasar dalam membangun daerah, guna mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat sebagaimana dengan yang kita cita-citakan. Harapannya melalui kegiatan lomba masak serba ikan ini, kita berupaya memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat Riau secara keseluruhannya,” tutup Asisten I bidang pemerintahan dan kesejahteraan masyarakat Setdaprov Riau.

Sementara itu, Plt. Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Tengku Fauzan Tambusai S.STP menyebutkan bahwa lomba masak serba ikan ini merupakan agenda setiap tahun yang diselenggarakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, Provinsi, hingga Nasional.

“Hal ini merupakan upaya kita untuk mengajak dan meningkatkan konsumsi ikan kepada masyarakat khususnya diwilayah Provinsi Riau, terutama bagi generasi muda maupun anak di usia dini,” ujar Tengku Fauzan.

Ia jelaskan juga bahwa dengan membiasakan mengkonsumsi gemar makan ikan, dapat memberikan manfaat tambahan gizi dan protein bagi ibu hamil dan juga anak balita, sehingga Riau kedepannya terbebas dari permasalahan stunting atau gizi buruk.

“Karena asam animo yang terkandung didalam tubuh ikan kaya akan lysine dan threonine yang berkualitas tinggi, rendah kolestrol, tidak mudah rusak oleh pemanasan sehingga penyerapan protein pada ikan lebih tinggi dibandingkan dengan protein hewani lainnya,” sebut pria yang saat ini menjabat staf ahli gubernur bidang ekonomi dan keuangan Pemerintah Provinsi Riau.

Terakhir, Tengku Fauzan menyampaikan hasil perlombaan ini dinilai secara objektif dari keseluruhan, sehingga mendapatkan juara-juara dari kabupaten/kota se Provinsi Riau yang bisa diandalkan untuk berkompetisi di tingkat nasional.

“Mudah-mudah kudapan atau makanan berbahan baku ikan dari Provinsi Riau seperti Patin, Lele, Nila dan lain sebagainya bisa menjadi terbaik dan meraih kemenangan. Tujuan kedepannya juga untuk melahirkan anak-anak emas yang ada diwilayah Provinsi Riau ini.  Selamat kepada para pemenang, semoga kompetisi ditingkat nasional nanti dapat membawa nama harum provinsi Riau,” tutupnya.

Berikut pemenang beberapa kategori dan Juara Umum yang telah ditetapkan oleh dewan juri :

Kategori Menu Balita
Juara 1 : kota Pekanbaru, nilai 241
Juara 2 : kabupaten Rokan Hulu, nilai 234
Juara 3 : kabupaten Bengkalis, nilai 225

Kategori Menu Kudapan
Juara 1 : kabupaten Rokan Hulu, nilai 250
Juara 2 : kabupaten Kampar, nilai 246
Juara 3 : kota Pekanbaru, nilai 245

Kategori Menu Keluarga
Juara 1 : kabupaten Rokan Hulu, nilai 262
Juara 2 : kabupaten Bengkalis, nilai 236
Juara 3 : kota Pekanbaru, nilai 234

# JUARA UMUM menuju tingkat nasional diraih oleh Kabupaten Rokan Hulu.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Riau selaku Ketua Forikan Riau Hj. Misnarni Syamsuar, Wakil Ketua III Baznas Riau H. Mester Hasuhunan Hamzanas, seluruh Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten/kota se Provinsi Riau. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *