Pekanbaru, pilarbangsa.com – Kabupaten Rokan Hulu meraih juara utama pada rangkaian perlombaan masak serba ikan tingkat Provinsi Riau tahun 2023 yang dilaksanakan pada Kamis (19/10) bertempat di Halaman Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau.

Kegiatan lomba yang bertemakan Ikan untuk generasi emas tersebut diikuti oleh utusan kabupaten/kota se Provinsi Riau, dengan beberapa kategori diantaranya kategori menu balita, kategori menu kudapan dan menu keluarga.

Pada seluruh kompetisi lomba tersebut, akhirnya pemerintah kabupaten Rokan Hulu mendapatkan nilai terbaik dengan meraih juara di setiap kategori, sehingga membawa kemenangan besar dengan meraih juara umum lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Riau yang mengantarkan ke nasional.

Piala kemenangan menjadi juara umum tersebut diterima langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rokan Hulu Hj. Peni Herawati Sukiman yang  diserahkan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Riau selaku Ketua Forikan Riau Hj. Misnarni Syamsuar yang didampingi Plt. Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Tengku Fauzan Tambusai S.STP

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rokan Hulu Hj. Peni Herawati Sukiman menyampaikan ungkapan syukur dan terimakasih kepada pemerintah Provinsi Riau melalui Dinaa Kelautan dan Perikanan yang telah menaja kegiatan Lomba masak serba ikan tersebut.

Kepada media online pilarbangsa.com usai menerima Piala Juara Umum, Peni Herawati menyampaikan bahwa dalam mengikuti kompetisi ini sebelumnya telah dibentuk tim yang dibekali dengan ilmu pengetahuan tentang konsep dari berbagai kategori perlombaan.

“Kami sebagai tim terus melakukan pertemuan bersama secara rutin membahas strategi untuk menang, dengan cara belajar dan terus belajar sampai mampu. Hingga kami belajar secara otodidak dengan memanfaatkan media sosial, seperti youtube, google dan lain sebagainya,” urai Istri Bupati Rokan Hulu tersebut.

Peni pun juga merasa yakin bahwa tim yang dipimpinnya akan siap berkompetisi menuju tingkat nasional, dan tentunya akan berusaha keras dalam mencapai kemenangan nantinya.

Ketua TP PKK Kabupaten Rokan Hulu menerima piala juara umum

“Kepada masyarakat Riau kami minta do’anya agar bisa menang, sehingga di mata nasional  Riau menjadi hebat dan unggul,” tutupnya.

Sementara itu, Kadis Pertahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Rokan Hulu Barikun SP menyampaikan keberhasilan menjadi juara umum tingkat Provinsi Riau merupakan kerja sama dengan semua pihak, diantaranya kelompok masyarakat, dan tim TP PKK kabupaten Rokan Hulu, maka pemerintah berhasil membawa kemajuan bagi derah khususnya disektor perikanan.

“Selain kolaborasi ini, tentu dengan niat, gigih, tekad yang tulus prestasi ini bisa dicapai. Harapan kami ini tidak hanya sampai disini, melainkan akan terus sukses hingga tingkat nasional. Kita do’akan terwujud,” harap Barikun.

Disebutkan Barikun, upaya mengikuti lomba masak serba ikan ini juga bertujuan memberikan informasi kepada seluruh masyarakat kabupaten Rokan Hulu agar tidak ragu mengkonsumsi ikan, karena banyak manfaat bagi tubuh manusia.

“Ikan memiliki banyak protein yang bisa menumbuhkan sel-sel otak, sehingga mampu meningkatkan kecerdasan serta menjadikan tubuh sehat dan kuat. Maka konsumsi lah ikan sebagai tambahan kebutuhan pangan bagi kita,” ajak Kadis Barikun.

Ia jelaskan juga, untuk menumbuhkembangkan budaya makan ikan ditengah-tengah masyarakat, dinas yang dipimpinnya tersebut mempunyai 2 bagian yang berperan yakni bagian perikanan tangkap dan perikanan budidaya.

“Untuk perikanan budidaya potensi kami mempunyai kolam bundar atau terpal yang sudah berjalan dari tahun 2020 lalu. Kemudian, perikanan tangkap terdapat di perairan umum yang telah dilaksanakan diwilayah Rokan Hulu dengan Rokan Hilir,” ujar Barikun.

“Kami sampaikan tingkat persentase gemar makan ikan di kabupaten Rokan Hulu sangat tinggi, dan kita akan terus berupaya meningkatkan hal ini dengan selalu mensosialisasikan manfaat baik mengkonsumsi ikan bagi tubuh kepada masyarakat secara lebih luas kedepannya,” tutup Barikun. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *