Info, pilarbangsa.com – Kontrak pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dikabarkan akan berakhir pada bulan Desember 2023 ini.

Belum diketahui, apakah Shin Tae-yong akan dilanjutkan kontraknya oleh PSSI atau harus rela meninggalkan Indonesia karena tidak ada perpanjangan kontrak.

Terkait hal ini, Pelatih asal Korea Selatan ini mengungkapkan harapannya untuk Timnas Indonesia jika dirinya nanti tidak lagi menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Harapan Shin Tae-yong jika tidak lagi menjadi pelatih Timnas Indonesia adalah agar fondasi yang telah dibangun untuk Timnas Indonesia dapat bertahan dan diteruskan oleh pelatih selanjutnya.

Shin Tae-yong juga berharap agar Timnas Indonesia ke depannya terus semakin berkembang, bukan malah menurun.

Dikutip melalui laman suara.com, Shin Tae-yong ingin dikenang sebagai orang yang sangat senang untuk memajukan sepak bola Indonesia, dan tidak hanya ingin mengisi periode kontrak saja namun benar-benar mencintai sepak bola Indonesia.

“Saya ingin dikenang sebagai Shin Tae Yong asal Korea Selatan, yang sangat senang untuk memajukan sepak bola Indonesia. Saya hanya tidak ingin mengisi periode kontrak saja tetapi benar-benar mencintai sepak bola Indonesia. Saya hadir di sini untuk membangun fondasi timnas yang kuat,” sebut Shin Tae-yong.

Tidak hanya itu, Shin Tae-yong juga menyebutkan bahwa ketika dirinya diganti atau tidak menangani Timnas Indonesia, maka fondasi jangan pernah tergoyahkan. Bahkan harus mempermudah pelatih selanjutnya, agar sepak bola Indonesia semakin berkembang kedepannya.

“Jika suatu saat saya diganti dan tidak menangani Timnas, fondasi tidak akan mudah tergoyah, justru akan mempermudah pelatih selanjutnya, sepak bola Indonesia akan berkembang kedepannya,” lanjut Shin Tae-yong.

Di samping itu, kita ketahui bersama bahwa Timnas Indonesia di tangan pelatih Shin Tae-yong dapat berkembang dengan baik, bahkan dinilai telah berhasil membangun fondasi untuk Timnas Indonesia yang lebih baik.

Hal ini tentu terbukti dengan beberapa sektor yang telah terlihat perbaikannya, seperti regenerasi pemain, karakter permainan, dan bahkan kualitas fisik para pemain.

Tidak hanya itu, prestasi Timnas Indonesia selama ini juga berkembang dan mengantarkan Timnas Indonesia ke Piala Asia, baik itu dari para Timnas Senior maupun Timnas U-23.

Namun walaupun Shin Tae-yong berhasil mengembangkan Timnas Indonesia, ada beberapa pihak yang juga turut memberikan kritik terhadap pelatih asal Korea Selatan tersebut. Pasalnya sebagai pelatih, dirinya belum mempersembahkan gelar untuk Timnas Indonesia.(*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *