Pekanbaru, pilarbangsa.com – Upacara Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tepatnya tanggal 17 September 2023 dilakukan secara serentak se Indonesia dimasing-masing Provinsi, maupun kabupaten/kota.

Untuk di Provinsi Riau, kegiatan Upacara Harhubnas tahun 2023 dilaksanakan di Pelabuhan Pelindo yang dipimpin Gubernur Riau diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Setda Provinsi Riau Drs. Masrul Kasmi.

Sebelumnya, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Pekanbaru yang ditunjuk sebagai koordinator kegiatan di Provinsi Riau telah melakukan beberapa rangkaian kegiatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala KSOP Kelas II Pekanbaru Capt. Herbert E.P Marpaung yang mengatakan kegiatan diawali dengan pertandingan Tenis Meja yang dipusatkan di Kantor SAR Pekanbaru.

“Selanjutnya kita juga melakukan kegiatan turnamen catur dan domino, serta pertandingan futsal. Untuk sosial kemanusiaan kita juga melakukan donor darah dan memberikan bantuan mengunjungi panti asuhan dan pondok pesantren,” ujar Herbert seraya menyebutkan ada juga melakukan bersih-bersih di area Pelabuhan maupun beberapa halte.

Ia mengatakan untuk kesuksesan seluruh kegiatan tidak terlepas dari peran serta stakeholder terkait, baik kementerian lembaga, pemerintah daerah, dan mitra kerja pendukung lainnya.

“Jadi kami disini tidak bekerja sendirian, tapi disupport bersama-sama. Harapan kami masih mengacu pada tema Harhubnas tahun 2023 yakni melaju untuk transportasi maju, maka kita harus bergerak lebih cepat, artinya kinerja ditingkatkan,” Jelas Herbert.

“Maka secara khusus di Kantor KSOP Kelas II Pekanbaru, kami berharap segala tugas fungsi yang telah diamanahkan bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya disegala aspek. Maka kami melihat ini merupakan sinergi dan kolaborasi yang cukup bagus untuk dipertahankan,” tutupnya.

Sebagai Inspektur Upacara Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Setda Provinsi Riau Drs. Masrul Kasmi membaca sambutan Menteri Perhubungan RI, yang mengatakan pada Harhubnas tahun 2023 ini berpesan kepada seluruh insan perhubungan untuk lebih meningkatkan kinerja di sektor transportasi bagi kepentingan masyarakat.

Dalam sambutan Menteri Perhubungan RI tersebut disebutkan juga melalui tema melaju untuk transportasi maju bahwa insan perhubungan khususnya dibidang transportasi  harus mampu bergerak secara konsisten dengan kerja-kerja nyata.

“Lakukanlah transformasi dan inovasi di sektor transportasi secara kolektif dalam menggelorakan semangat untuk melaju bersama demi mewujudkan transportasi maju di Indonesia. Serta berimplikasi kuat bagi  pembangunan yang berkelanjutan, ramah lingkungan, berkeselamatan, dan pelayanan trasnportasi yang meningkat,” pesan Menhub RI yang dibacakan oleh Asisten I Pemprov Riau.

Terakhir, Menhub RI menyampaikan pesan kepada seluruh insan perhubungan sektor transportasi untuk selalu bekerja sama, berkolaborasi, dan bersinergi secara optimal dengan stakeholder, mitra kerja, dan pemerintah setempat.

“Perjalanan kita dalam membangun bangsa ini masih sangat panjang, kontribusi dan kolaborasi yang semakin kuat masih dibutuhkan. Untuk itu kontribusi yang besar di sektor transportasi tersebut juga menjadi bagian dari perwujudan nilai-nilai kebangsaan yaitu cinta tanah air dan bangsa serta mampu meningI :atkan kerja sama sosial,” tutupnya. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *