Pekanbaru, pilarbangsa.com – Peringatan HUT Polisi Wanita (Polwan) yang ke 75, tepat pada tanggal 1 September 2023 Polda Riau mengelar acara syukuran dengan mengangkat tema ‘Polri Presisi untuk Negeri, Polwan Siap Mendukung Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju’.

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal dalam arahannya menyampaikan ucapan selamat dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap seluruh personel Polwan yang telah mengabdi secara tulus ke masyarakat dan negeri.

Ia juga menyebutkan kiprah personel Polisi Wanita di wilayah jajaran Polda Riau sudah membawa perubahan dan kemajuan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat, karena menurut Irjen Iqbal Polwan di Polda Riau sudah banyak memegang jabatan strategis.

“Hingga saat ini terdapat 691 Polisi Wanita di Polda Riau dari 10.046 total personil. Ini menunjukkan bahwa peran Polwan tidak kaleng-kaleng. Tantangan dan tugas Polwan saat ini tidaklah mudah, karena tugas Polwan bukan sekedar melaksanakan patroli, bahkan sampai menjadi pasukan perdamaian di luar negeri,” jelas mantan Kadiv Humas Polri tersebut.

“Selain itu, Polwan juga sebagai cooling system mewujudkan stabilitas keamanan dalam Pemilu 2024 yang akan datang,” imbuhnya.

Kapolda Riau juga menyebutkan ada tiga hal dedikasi Polwan dalam menjalankan tugas, pertama tentang pengabdian melayani masyarakat selalu dengan tulus, kedua selalu sholeh dan taat dalam beragama.

“Dan yang ketiga sangat menyenangkan dan selalu dihari masyarakat. Selamat ulang tahun ke 75, semoga Polwan terus berkarya dan semakin jaya,” tutup Kapolda Riau yang didampingi juga oleh Irwasda dan seluruh Pejabat Utama.

Sementara itu, Perwira Koordinator Polwan Polda Riau AKBP Vera merasa bangga dengan keberhasilan Polwan memimpin satuan tugas yang telah diamanahkan.

Vera menyebutkan Polwan Polda Riau telah memimpin di satuan kerja kewilayahan seperti Kapolsek, Kasubdit, Kasatlantas, dan jabatan strategis lainnya.

“Tadi dikatakan Pak Kapolda, bahwa kedepannya Polwan Polda Riau diharapkan bisa lebih berkarir lagi dari yang saat ini, jabatan Kapolres menurut Kapolda bukan tidak mungkin untuk dicapai. Maka dengan kesempatan jabatan tersebut, tentunya Polwan harus mempersiapkan dan membekali dirinya,” jelas AKBP Vera.

“Kepada seluruh Polwan di Polda Riau, tetaplah terus berkarya, jangan pandang gender sebagai pembatas tetapi jadikan itu sebagai tantangan kedepan. Semoga Polwan semakin maju untuk pengabdian bangsa dan negara,” tutupnya.

Di momen peringatan HUT Polwan yang ke 75 tersebut, Polda Riau memberikan penghargaan bagi yang berprestasi, dengan Kategori :

1) Public Speaking
– Juara I Briptu Ida Risma Fitria dari Dit Intelkam Polda Riau;
– Juara II Bripka Danriadi dari Polda Riau; dan
– Juara III Bripda Angelina Purba dari Satlantas Polres Pelalawan.

2) Karya Tulis
– Juara I Desi Valentiana Purba dari Polres Pelalawan;
– Juara II Iptu Reva Lusfiana dari Ditlantas Polda Riau; dan
– Juara III Brigadir Fauziah Auli.

3) lomba MC
– Juara I Bripka Widya Ivony dari Polres Pelalawan;
– Juara II Brigadir Aulia Rahma Sari dari Dit Intelkam Polda Riau; dan
– Juara III Briptu Erin Monika Polres Indragiri Hilir. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *