Pekanbaru, pilarbangsa.com – PT Angkasa Pura II KC Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru mendapatkan penghargaan Kecelakaan Nihil atau Zero Accident Award dari Menteri Ketenagakerjaan RI pada Malam Anugerah Bulan  Keselamatan dan Kesehatan Kerja 2023 dan Paritrana Award Provinsi Riau Tahun 2022 yang diselenggarakan di Hotel Novotel Pekanbaru, 31 Agustus 2023 malam.

Program Zero Accident (Kecelakaan Nihil) ialah  tanda penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diberikan  pemerintah kepada manajemen perusahaan  yang telah berhasil dalam melaksanakan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja sehingga mencapai nihil kecelakaan (Zero Accident).

M. Hendra Irawan selaku EGM Bandara SSK II Pekanbaru mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Ketenagaan Kerja RI dan Pemerintah Provinsi Riau atas penghargaan yang diberikan dimana penghargaan ini melengkapi Penghargaan K3 Awards 2023 kategori Bendera Emas serta sertifikasi SMK3 yang telah diberikan oleh Kemenaker sebelumnya.

Irawan mengungkapkan bahwa penghargaan ini tidak hanya menjadi apresiasi atas kerja keras yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura II semata tetapi juga merupakan buah kerja keras dari seluruh mitra kerja dan mitra usaha diantaranya Airnav, maskapai, ground handling, aviasi service, tenant, KKP, CIQ dan stakeholder terkait lainnya di lingkungan kerja Bandara SSK II Pekanbaru.

Dalam sambutannya, Sekda Provinsi Riau, SF Hariyanto mewakili Gubernur Riau menyampaikan bahwa atas nama pemerintah Provinsi Riau mengucapkan selamat kepada pelaku dunia usaha yang meraih penghargaan tersebut. 

Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tingkat Provinsi Riau telah sukses di laksanakan. Implementasi dari peringatan bulan K3 ini dapat menjadi budaya yang harus menekan pada setiap insan pekerja, baik dunia usaha maupun ke lembaga pemerintah dan non pemerintah.

“Budaya K3 merupakan bagian integral dalam pembangunan nasional untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan pekerja. Sebagai mendukung terlaksananya K3 secara seragam dan serentak dalam rangka menjamin keselamatan tenaga kerja dan lingkungannya,” pesan Hariyanto.

“PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara SSK II Pekanbaru selalu menerapkan program keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam upaya mencapai kondisi Nihil Kecelakaan (Zero Accident) meliputi identifikasi Hazard K3 yang ada di tempat kerja dan melakukan rencana langkah mitigasinya, secara rutin melakukan Safety Awareness Dan Safety Promotion kepada semua pekerja serta melakukan kerjasama sinergis dan pembuatan komitmen bersama dengan seluruh mitra usaha dan mitra kerja dalam rangka menerapkan budaya K3 di tempat kerja,” jelas Irawan.

“Kami akan terus berupaya mempertahankan penghargaan yang telah diterima dengan cara terus melakukan sosialisasi, inspeksi dan melakukan sertifikasi kepada pekerja yang membutuhkan karena K3 saat ini bukan lagi sekedar kewajiban tetapi sudah menjadi kebutuhan,” tambah Irawan.

Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident) sendiri diserahkan kepada PT Angkasa Pura II beserta 37 perusahaan lainnya di Provinsi Riau oleh Imron Rosyadi selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *