Pekanbaru, pilarbangsa.com – Pemerintah Kecamatan Payung Sekaki kota Pekanbaru pada Kamis, 25 Januari 2024 melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun anggaran 2025 mendatang.

Dalam penyampaiannya, Camat Payung Sekaki Yurikha Heriandanni S.STP, M.Si mengatakan bahwa dengan kegiatan Musrenbang ini diharapkan seluruh usulan yang telah dirumuskan dari seluruh kelurahan terdiri dari LPM, forum RT/RW dan tokoh-tokoh masyarakat dapat terealisasikan.

“Usulan dari setiap kelurahan memang cukup banyak, namun sesuai dengan kesepakatan maka setiap kelurahan hanya mengusulkan 5 usulan prioritas. Kebanyakan usulan permintaan perbaikan infrastruktur, seperti semenisasi, drainase dan lainnya sesuai kebutuhan masyarakat,” ujar pria yang akrab dipanggil Ezak.

Terkait kerusakan infrastruktur akses jalan menuju Kantor Kecamatan Payung Sekaki dan Mapolsek yang telah bertahun-tahun belum diperbaiki, Ezak membenarkan hal tersebut sehingga melalui Musrenbang tahun 2025 nanti kedepannya bisa terealisasi dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat sekitar.

“Tadi permasalahan akses jalan ini sudah kita bicarakan dengan instansi terkait yakni Dinas PUPR. Yang mana jalan ini merupakan tanah gambut dan apabila di aspal kemungkinan akan tidak efektif hasilnya, sehingga disepakati jalan tersebut akan dikerjakan sistem rigid pavement atau perkerasan kaku jalan dengan cara di beton/semen. Mudah-mudahan dapat terealisasikan,” ujar Camat Payung Sekaki.

“Sistem rigid pavement ini membutuhkan dana yang cukup besar, maka kami mendapatkan informasi memakai biaya APBN. Hal ini sudah dalam tahapan proses perencanaan pembangunan,” imbuhnya.

Untuk permasalahan titik banjir di Kecamatan Payung Sekaki, ia juga mengatakan telah dilakukan pembahasan usulan prioritas Musrenbang tahun 2025, seperti di wilayah Kelurahan Air Hitam dan Kelurahan Tirta Siak namun masih dalam tahapan perbaikan ringan.

“Kita akan berupaya mengatasi banjir, dengan beberapa usulan perbaikan drainase untuk antisipasi banjir. Harapan kita agar dapat dipantau langsung oleh tim teknis PUPR, sehingga dapat mengurangi debit air ketika hujan turun dan banjir tidak terjadi lagi,” tutup Ezak.

Ditempat yang sama, Anggota DPRD kota Pekanbaru H.Suherman menjelaskan bahwa usulan pembangunan akan terealisasi tergantung dari ketersediaan anggaran, tetapi untuk prioritas diupayakan akan disegerakan.

“Kita sebagai anggota legislatif akan terus memperhatikan kebutuhan masyarakat, dengan cara mengalokasikan segera anggaran pokok pemikiran atau Pokir Dewan direncanakan sebanyak 15 titik di wilayah Kecamatan Payung Sekaki,” ujar Suherman atau yang dikenal dengan panggilan Herman Abak.

Menanggapi permasalahan jalan rusak menuju kantor Kecamatan dan Mapolsek Payung Sekaki, Herman Abak sangat menyayangkan kondisinya karena ini merupakan akses pelayanan bagi kepentingan masyarakat.

“Akan kita tanggapi secara serius, kita kawal usulan prioritas perbaikan jalan ini. Nanti akan kita sampaikan juga kepada anggota komisi IV DPRD kota Pekanbaru. Semoga bisa cepat terealisasi,” tutup politisi Partai Hanura tersebut.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Lurah se Kecamatan Payung Sekaki, Ketua LPM, Ketua forum RT/RW, perwakilan instansi dinas terkait, TNI-Polri, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tamu undangan lainnya. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *