Pekanbaru, pilarbangsa.com – Dalam menjalankan program pembangunan yang merata disetiap lingkungan, terlebih dahulu pemerintah terus melakukan koordinasi dengan seluruh pemangku masyarakat dan stakeholder terkait.

Upaya tersebut dilakukan oleh pemerintah setempat dengan mengelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/kota, Provinsi, hingga Nasional.

Musrenbang ini juga dilakukan oleh Kelurahan Maharatu, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru dengan mengundang seluruh Ketua RT/RW, Ketua LPM, Babinsa, Babinkamtibmas, serta stakeholder terkait pada Kamis, 04 Januari 2024.

Program Musrenbang di Kelurahan Maharatu untuk membahas wacana pembangunan pada tahun 2025 mendatang dibuka langsung oleh Lurah Maharatu Joko Arif S.STP, M.Si yang didampingi oleh Ketua Forum RT/RW, Ketua LPM dan mengundang pihak dari Kecamatan Marpoyan Damai.

Lurah Joko menyampaikan bahwa kegiatan Musrenbang ini merupakan salah satu kegiatan perdana di tingkat Kelurahan di Kecamatan Marpoyan Damai yang dilaksanakan diawal tahun 2024 yang membahas wacana prioritas pembangunan untuk tahun 2025 mendatang.

“Untuk pelaksanaan (Musrenbang, red) ini kami sudah berkoordinasi dengan semua pihak, diantaranya jajaran RT/RW, PKK, Posyandu, dan stakeholder terkait seperti Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah, dan seluruh lintas sektor untuk menyampaikan prioritas pembangunan,” ujar Joko.

“Jadi harapan kami mudah mudahan semua usulan ini dapat terealisasi, tanpa ada yang tinggal demi kota Pekanbaru Bertuah,” imbuhnya.

Seluruh Peserta Musrenbang Kelurahan Maharatu

Secara keseluruhan, menurut Lurah Maharatu usulan prioritas banyak didominasikan pembangunan drainase maupun semenisasi, tetapi ada juga usulan non fisik dari salah satu mitra dari pemerintah Kelurahan.

“Kita tadi juga mendengar permintaan usulan dari Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat atau FKPM Kelurahan Maharatu meminta untuk dapat dilaksanakan suatu pelatihan untuk belajar meningkatkan Kamtibmas  bagi seluruh anggota nya yang sebagian merupakan dari masyarakat. Insya Allah ini akan kita usahakan dapat terealisasikan,” jelas Lurah Maharatu sembari menegaskan untuk semua usulan akan terus dikawal bersama dari pihak eksekutif maupun ke legislatif nantinya.

Terakhir, Joko juga menyampaikan bahwa untuk program prioritas pemerintah kota Pekanbaru yang diprakarsai oleh Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun telah terlaksanakan dengan baik oleh seluruh perangkat Kelurahan Maharatu.

“Alhamdulillah, program prioritas Pak Pj Wali Kota seperti layanan kesehatan 24 jam, bea siswa bagi siswa berprestasi dan kurang mampu, pemberian subsidi bunga bagi UMKM, pemberian santunan kematian, dan juga program strategis nasional seperti penanganan stunting sudah terlaksana dengan baik. Kami semua berharap program ini dapat terus diberikan kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan,” harap Joko Arif.

Ditempat yang sama, Kepala Puskesmas Simpang Tiga usai mengikuti kegiatan Musrenbang Kelurahan Maharatu menyampaikan beberapa usulan yang sangat prioritas dalam melayani masyarakat khususnya dibidang kesehatan.

“Permintaan atau usulan kami yakni menginginkan renovasi pembangunan pagar untuk keamanan dilingkungan Puskesmas, lalu membutuhkan juga pemasangan packing blok karena apabila hujan halaman Puskesmas tergenang air, dan terakhir pemindahan U Turn yang berada di depan jalan besar Puskesmas karena sering terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kami berharap ini dapat terealisasi di tahun depan,” singkat Sri Elfida Basyar, S.Psi, S.Tr.Keb

Kegiatan Musrebang Kelurahan Maharatu diakhiri dengan berfoto dan silaturahmi bersama. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *