Pekanbaru, pilarbangsa.com – Untuk memberikan pelayanan di bidang pendidikan khususnya tahun 2023, Pemerintah Pusat telah mengelontorkan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik kepada pemerintah Riau melalui Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Senilai lebih kurang 40,8 milyar dari total Pagu anggaran tersebut telah direalisasikan di tahun ini untuk pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) serta renovasi sekolah di beberapa wilayah kabupaten/kota di Provinsi Riau.

Adapun wilayah yang mendapatkan bantuan anggaran DAK tahun 2023 tersebut diantaranya yakni Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, dan Kota Pekanbaru.

Secara keseluruhan, Kabid SMA Dinas Pendidikan Provinsi Riau melalui Eria Meiriani sebagai PPTK DAK Tahun 2023 mengatakan bahwa alokasi bantuan anggaran tersebut terdiri dari 95 paket kegiatan fisik pembangunan sekolah.

“Namun untuk anggaran DAK tahun 2023 ini ada dua daerah yang tidak mendapatkan bantuan, yaitu Kabupaten Pelalawan dan kota Dumai,” sebut Eria.

Pelaksanaan pembangunan tersebut disampaikan Eria bahwa wilayah Kabupaten Rokan Hulu merupakan salah satu daerah yang banyak membutuhkan bantuan lebih atau terbanyak.

“Disana (Kabupaten Rokan Hulu, red) kita alokasikan bantuan untuk pembangunan ruang kelas baru, pembangunan laboratorium, UKS, BK serta utilitas sekolah, dan beberapa perehapan di beberapa sekolah. Alhamdulillah hingga akhir tahun ini penyerapan anggaran DAK tahun 2023 terealisasi semua dengan angka capaian 100 persen,” ujar Eria.

Sementara itu, untuk tahun 2024 mendatang Dinas Pendidikan Provinsi Riau masih mendapatkan bantuan Anggaran Dana Alokasi Khusus dari pusat sebanyak 46,6 Milyar dengan titik sasaran alokasinya tersebar diseluruh wilayah kabupaten/kota di Provinsi Riau.

“Kita berharap semoga kedepannya alokasi kebutuhan untuk pendidikan diwilayah Provinsi Riau dapat terealisasi, sehingga masyarakat secara keseluruhan dapat merasakan pendidikan yang layak sesuai dengan salah satu visi dan misi pemerintah Provinsi Riau yaitu mewujudkan SDM yang beriman, berkualitas dan berdaya saing melalui pembangunan manusia seutuhnya,” tutup Eria Meiriani. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *