Pekanbaru, pilarbangsa.com – Mengawali kunjungan kerja di Bumi Melayu Lancang Kuning, Inspektur Jenderal Kemenkumham Republik Indonesia, Razilu, sambangi Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Pekanbaru, Jumat (8/12/2023).

Pada kunjungan ini, Razilu didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau Budi Argap Situngkir, Kepala Divisi Pemasyarakatan Mulyadi, Kepala Divisi Keimigrasian Mas Arie Yuliansa Dwi Putra, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Edison Manik, serta para pejabat struktural lainnya.

Kepala Kanim Pekanbaru Syahrioma Dellavino menyambut meriah kunjungan tersebut dengan menampilkan yel-yel lalu mendampingi Irjen dan rombongan melakukan pemantauan pada ruang layanan dan memastikan sarana dan prasana berfungsi sebagaimana mestinya.

Kakanim juga melaporkan bahwa satuan kerjanya telah berhasil melebihi target penerimaan negara bukan pajak (PNBP) hingga mencapai 350% dari target yang ditetapkan.

Irjen Kemenkumham memberikan apresiasi atas inovasi pelayanan dan kinerja yang dilakukan oleh Kanim Pekanbaru.

Inovasi tersebut di antaranya adalah e-fast (elektronik for applicant system) untuk warga asing, Ikan Selais (imigrasi Pekanbaru senja melayani selasa dan kamis) yang merupakan pelayanan paspor di luar jam kerja, dan layanan jemput bola (jempol HAM).

“Saya sangat mengapresiasi inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Kanim Pekanbaru. Inovasi-inovasi tersebut sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan keimigrasian yang cepat dan mudah,” ujar Razilu.

Setelah memantau ruang pelayanan, Razilu kemudian bertanya kepada masing-masing pejabat struktural mengenai kinerja pelaksanaan tugas dan fungsi.

Beliau meyakini bahwa Kanim Pekanbaru sudah sangat layak untuk naik kelas menjadi Kanim Kelas I Khusus.

Usai melakukan pemantauan, Irjen memberikan pesan khusus kepada jajaran Kanim Pekanbaru.

“Jaga hubungan baik, baik ke bawah, atasan maupun instansi lainnya agar pelaksanaan tugas dan fungsi dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kendala. Serta Netral lah sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), jangan terpengaruh dengan hal-hal yang tidak baik,” ujarnya.

Irjen Kemenkumham berharap agar Kanim Pekanbaru dapat terus meningkatkan kinerjanya dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *