Pekanbaru, pilarbangsa.com – Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 dan HUT PGRI ke 78, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Pekanbaru melaksanakan upacara tepat pada Sabtu, 25 November 2023.

Dalam hal ini, bertindak sebagai pembina upacara yakni Kabid Tata Usaha Kanwil Provinsi Riau, Drs. H. Asmuni M.A, dengan petugas pelaksana dari seluruh guru dan tenaga kependidikan.

Pada sambutannya, Asmuni menyampaikan apresiasi pada seluruh guru, tenaga pendidik dan kependidikan yang telah memberikan semangat mengajar dengan penuh kasih sayang sesuai dengan tema hari guru tahun ini adalah “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”.

“Pendidikan sejatinya tidak akan berjalan dengan baik apabila partisipasi siswa tidak maksimal, jika hanya gurunya saja yang bergerak tanpa dibarengi dengan bergeraknya siswa maka kesuksesan tidak akan terwujud,” ujar Asmuni.

Ia menganalogikan antara dengan kecepatan perbandingan terbangnya pesawat tempur F16 dengan Boeing 737 yang tentunya jauh berbeda kecepatannya ketika sedang mengudara padahal sama-sama pesawat.

“Kami berharap untuk MAN 3 harus menyamai kecepatan F16 agar Madrasah yang lain bisa ditikung atau didahului walaupun urutannya angka tiga namun prestasi tetap kita kejar dalam prestasi mampu menjadi no satu,” jelas Kabag Tata Usaha.

Diakhir sambutan, Asmuni menyampaikan pesan kepada seluruh murid untuk bisa meraih keberhasilan, seperti kesuksesan para guru yang telah berusaha menjadi yang terbaik dalam bertugas sebagai pengibar bendera.

“Saya juga berpesan kepada seluruh guru yang mengajar di MAN 3 Pekanbaru ini agar bisa menjalankan program Merdeka Belajar. Dengan sistem pembelajaran ini, maka secara otomatis terdapat perubahan di dalam penggunaan fasilitas dan sumber belajar kepada seluruh guru. Dan tentunya tidak akan ada lagi yang lambat dalam menguasai teknologi,” ujar Asmuni.

Untuk diketahui, rangkaian acara HGN tersebut diawali dengan upacara bendera dilanjutkan dengan acara potong tumpeng, pelepasan balon helium yang membawa ucapan selamat hari guru ke-78, dan pemotongan kue ulang tahun selamat kepada para guru.

Selain itu, terdapat juga beberapa kegiatan atraksi yang sangat seru, seperti pembacaan puisi untuk guruku dan menyanyikan lagu hymne guru dengan suasana yang penuh haru, yang mana seluruh pertunjukan tersebut dilakukan oleh siswa-siswi MAN 3 Pekanbaru.

Hingga selesai pada siang hari, acara berjalan dengan hikmat dan sukses yang kemudian ditutup dengan sesi foto bersama majelis guru dan karyawan MAN 3 Kota Pekanbaru.

Hadir juga dalam upacara peringatan HUT PGRI ke-78, yakni Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kota Pekanbaru H. Abdul Wahid, S.Ag, M.kil Ketua Komite Madrasah Dr. Drs. H. Muhammad Said, MM, pengawas Madrasah Ibu Elza Putri, M.Pd, dan para tamu undangan lainnya. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *