Pekanbaru, pilarbangsa.com – Pelayanan kesehatan di Puskesmas Simpang Tiga akan terus melakukan perkembangan dengan selalu menyinkronkan program kerja dengan pemerintah kota Pekanbaru.

Dibawah kepemimpinan Pj. Wali Kota Pekanbaru Muflihun S.STP, MAP melalui Dinas Kesehatan yakni seperti Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah atau Universal Health Coverage (UHC) dan juga layanan Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat (Kurma Manis).

“Kita akan selalu support program kerja Pak Pj Wali Kota, untuk kurma manis di puskesmas simpang tiga malaksanakan piket 24 jam. Jadi apabila ada mobilitas masyarakat yang membutuhkan bantuan akan kita layani melalui penjemputan ke rumah mereka selama dalam lingkungan kerja kita,” ujar Kapus Simpang Tiga, Sri Elfida Basyar S.Psi, S.Tr.Keb

“Untuk program UHC sudah kita terapkan disini, hanya membawa KTP saja maka kita akan siap melayani keluhan penyakit dari masyarakat yang datang ke puskesmas secara gratis,” imbuh seraya mengatakan ada 140 diagnosa penyakit yang bisa dilayani.

Selain mendukung pemerintah, ternyata Puskesmas Simpang Tiga juga mempunyai program kerja unggulan yakni gerakan seribu Jum’at, yang mana para pegawai puskesmas di setiap hari Jum’at menginfakkan sebagian rezekinya minimal seribu rupiah bahkan lebih.

“Nah dari sumbangan pegawai yang dikumpulkan tersebut akan kami belikan makanan berprotein hewani dan kita berikan kepada balita yang bergizi buruk,” sebut Elda.

Program selanjutnya yaitu Cegah Stunting dari Hulu atau Cattinglu, dengan melakukan pemberian tablet tambah darah kepada pelajar putri ditingkat SMP maupun SMA dilingkungan kerja Puskemas Simpang Tiga.

“Ada juga kita berikan materi kepada ibu-ibu hamil, pemberian makanan tambahan bagi balita. Dan yang menariknya kami di puskesmas Simpang Tiga ini membuka konseling bagi masyarakat yang ingin berusaha berhenti merokok dibuka seminggu sekali pada hari Rabu pada jam pelayanan,” tutup Kapus Simpang Tiga. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *