Pekanbaru, pilarbangsa.com – Keluarga besar jajaran Pondok Pesantren (Ponpes) Khairul Ummah melaksanakan family gathering selama 2 hari yakni dimulai pada Sabtu, 18 November 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan disalah satu Ballroom Hotel berbintang di kota Pekanbaru tersebut dihadiri langsung oleh Plt. Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edi Natar Nasution yang didampingi Karo Kesra Setdaprov Riau Zulkifli Syukur.

Pimpinan Pondok Pesantren Khairul Ummah KH.Muhammad Mursyid M.Pdi mengatakan bahwa kegiatan family gathering ini merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap 2-3 tahun sekali dengan lokasi tempat pelaksanaan berpindah-pindah.

Kyai Mursyid sebutkan juga bahwa hal ini bermaksud untuk memberikan manfaat bagi tenaga pendidik serta memberikan penguatan, dengan menjaga kesabaran dan keikhlasan selama mengajar.

“Sekaligus ibarat suatu kendaraan butuh perbaikan apabila ada kerusakan atau kesalahan. Intinya selama family gathering ini kita saling mengisi, saling tukar ide maupun pikiran dalam memajukan pendidikan di pondok pesantren khairul ummah ini,” sebut kyai.

Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Riau yang telah banyak mendukung keberlangsungan pendidikan dan pengajaran melalui program-program kerja dari Pondok Pesantren Khairul Ummah.

“Kami sangat senang sekali kehadiran Bapak Gubernur Riau bersama rombongan. Kalau kami berkhidmat dengan pembinaan umat secara khusus, sama halnya dengan pemerintah yang selama ini banyak berkhidmat kepada seluruh masyarakatnya. Disini kita semua ingin mendapatkan support serta nasehat-nasehat dari pemimpin kami di bumi lancang kuning ini,” jelas Kyai Mursyid.

Terakhir, ia memiliki wacana akan mengembangkan lebih luas pendidikan islam dengan secara bertahap akan mendirikan Pondok Pesantren Khairul Ummah di semua kabupaten/kota diwilayah Provinsi Riau.

“Sesuai dengan arti dan maksud dari nama khairul ummah yakni melahirkan umat-umat terbaik di seluruh wilayah Provinsi Riau. Sampai saat ini sudah ada 3 Pondok Pesantren yang telah beroperasi, yakni di Air Molek, Pekanbaru, dan di Indragiri hilir. Alhamdulillah kita juga telah menerima lahan wakaf oleh donatur berada diwilayah Rokan Hilir dan Kampar,” tutupnya.

Sementara itu, Plt. Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edi Natar Nasution menyampaikan harapan dengan pelaksanaan kegiatan family gathering, maka kedepannya Pondok Pesantren Khairul Ummah dapat lebih maju dan berkembang.

“Dengan kebersamaan yang terajut saat ini, tentunya para ustadz dan ustadzah dapat lebih baik lagi memberikan ilmu pengetahuan kepada seluruh santri, sehingga akan melahirkan pemimpin masa depan yang Berakhlakul Karimah di Provinsi Riau,” jelas Plt Gubri.

Mantan Komandan Korem 031/Wirabima tersebut mengatakan juga ketertarikan dalam memajukan pendidikan islam untuk diberikan kepada generasi muda, sehingga ia telah sampaikan kepada semua pihak bahwa dirinya pribadi telah merencanakan mendirikan Pondok Pesantren semi militer diwilayah Tenayan Raya.

“Saya mempunyai cita-cita akan membuat Pondok Pesantren dengan didikan militer, sehingga kedepannya akan lahir para Jenderal-Jenderal yang memiliki kemampuan hafal 30 juz. Dan nanti akan kita fasilitasi santri yang akan masuk menjadi calon bintara maupun perwira TNI melalui kemampuan yang dimilikinya,” tutup Plt Gubernur Riau seraya menyebutkan Pondok Pesantren tersebut perdana akan menerima 7 orang santri.

Kegiatan diakhiri dengan Launcing buku yang berjudul Titik-titik Tinta Guru Kecil dan dilanjutkan dengan pemberian plakat sebagai kenang-kenangan. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *