Pekanbaru, pilarbangsa.com – Sebagai wujud perhatian dalam meningkatkan penyelenggaraan pendidikan, pemerintah kota Pekanbaru melalui Dinas Pendidikan di tahun 2023 telah membangun 2 Unit Sekolah Baru (USB) dan 24 unit Ruang Kelas Baru (RKB) tingkat SD dan SMP.

Pembangunan yang dimulai dari awal bulan Juni 2023 lalu diperkirakan akan selesai diakhir tahun ini, sehingga nantinya dapat membantu memberikan solusi terhadap permasalahan penerimaan siswa didik baru yang setiap tahunnya terus meningkat.

Untuk memastikan perkembangan USB dan RKB tersebut, pada Rabu (01/11) Kadis Pendidikan kota Pekanbaru Dr.Abdul Jamal M.Pd didampingi oleh Kabid Sarana Prasarana Multiferi meninjau langsung progres pembangunan tersebut.

Diawali dari kunjungan melihat pembangunan USB di SMP Negeri 51 Pekanbaru yang berada di Meranti Pandak, yang mana kondisi masih sekitar 65 persen tinggal pemasangan atap, memplester, dan diprioritaskan pemasangan kusen, plafon serta keramik lantai, yang diprediksi akhir November pekerjaan akan selesai.

Selanjutnya, kunjungan melihat pembangunan penambahan RKB sebanyak 4 kelas lantai atas di SMPN 1 Pekanbaru di Jalan Sutan Syarif Kasim, progres pekerjaan sudah 90 persen.

Peninjauan dilanjutkan ke SMPN 50 yang berada di Perumahan Damai Langgeng, pembangunan USB sebanyak 10 kelas diatas lahan seluas kurang lebih 1 hektare, dengan pencapaian kerja sudah 90 persen.

Dan kunjungan terakhir, meninjau pembangunan Ruang Kelas Baru di SMPN 46 Pekanbaru Jalan Taman Karya dengan pencapaian hasil 65,5 persen dan dipastikan akhir bulan Desember akan selesai.

Usai melakukan peninjauan, Kadisdik Jamal mengatakan bahwa secara keseluruhan pembangunan USB dan RKB dalam tahap normal tanpa minus, karena sesuai dengan perencanaan pembangunan yang telah ditentukan.

Peninjauan RKB di SMPN 1 Pekanbaru

“Untuk pembangunan USB di SMPN 50 dan 51 kita harapkan pada awal Januari bisa ditempati, karena murid baru di dua SMP tersebut sudah ada, namun kita masih numpang atau titip di sekolah terdekat,” ujar Kadis Jamal.

Selain itu, ia juga menjelaskan tentang pembangunan penambahan RKB di SMPN 1 dan di SMPN 46, telah sesuai dengan juknis yang direncanakan.

“Pembangunan akan cepat diselesaikan namun tergantung dari cuaca, kalo baik tentu akan selesai tepat waktu. Akan kita kebut siang maupun malam,” jelasnya.

Jamal juga menyebutkan, setelah membangun Unit Sekolah Baru atau USB diwilayah Meranti Pandak dan Damai Langgeng, kedepannya akan masih ada beberapa tempat yang akan dibangun sekolah baru, hal ini agar pelayanan pendidikan dapat diberikan secara merata kepada masyarakat.

“Direncanakan tahun depan akan kita bangun juga sekolah didaerah Kulim sekitar satu sekolah  tepatnya tidak beberapa jauh dari perbatasan. Hal ini untuk menampung luapan banyaknya murid dari SMPN 26 dan SMPN 39,” ujar Kadisdik.

“Kemudian kita juga merencanakan akan membangun SD didaerah Sri Meranti, dan disana memang sekolah tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” imbuhnya.

Ia katakan juga untuk kekurangan penambahan ruang kelas baru masih akan diupayakan, seperti  sekolah diwilayah Tuah Madani tepatnya di perbatasan Pekanbaru-Kampar, dan dua sekolah lagi yang akan kita upayakan untuk tahun depan.

“Salah satunya pembangunan empat unit RKB di SMPN 24, kemudian di SMPN 37 dan SMPN 42 akan kita tambah RKB,” jelas Kadisdik.

Terakhir, ia sebutkan dengan bertambahnya jumlah USB maka sampai saat ini terdapat 51 SMP Negeri di kota Pekanbaru.

“Dan untuk penambahan tenaga pendidik akan kita lengkapi segera, dan untuk menutupi kekurangan kita masih berharap dari P3K untuk perbantuan,” tutupnya. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *