Info, pilarbangsa.com – Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan bakal calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Pemeriksaan ini melibatkan 50 orang dokter, dua di antaranya adalah psikolog.

“RSPAD siap untuk menyelenggarakan pemeriksaan bapaslon untuk bacapres dan bacawapres Bapak Ganjar Pranowo dan Bapak Mahfud MD. Perlu kami sampaikan bahwa tadi juga sudah disebutkan bahwa materi pemeriksaan, tim pemeriksa, alat pemeriksaan, rundown pemeriksaan, persis sama untuk semua paslon,” kata Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Letnan Jenderal dr Albertus Budi Sulistya.

Tes kesehatan yang melibatkan 50 orang dokter dengan berbagai latar belakang spesialisasinya ini akan berlangsung selama 8-10 jam.

“Ada 2 orang psikolog yang juga involve di dalam tim ini. Jadi, ada tim dokter dari RSPAD, tim dokter dari utusan masing-masing kolegium keahlian dan BNN, serta Himpunan Psikologi Indonesia,” jelasnya.

Setelah tes kesehatan selesai dilakukan, RSPAD akan melakukan sidang pleno untuk menilai hasil pemeriksaan.

Kemudian, hasil tersebut akan diampaikan kepada KPU, setelah seluruh pasangan calon melaksanakan pemeriksaan kesehatan.

Sebelumnya, tes kesehatan telah dijalani oleh bakal calon presiden Anies Baswedan dan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar.

Keduanya menjalani pemeriksaan kesehatan selama sembilan jam. Tes kesehatan ini merupakan salah satu persyaratan dalam pendaftaran capres-cawapres untuk Pemilu 2024. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *