Pekanbaru, pilarbangsa.com – Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Masyarakat Maluku Riau (DPP PM2R) telah dilantik pada Sabtu, 07 Oktober 2023.

Pelantikan diawali dengan pembacaan SK dan struktur kepengurusan PM2R terpilih oleh Sekretaris Formatur Bung Ferry F Leatemia, dilanjutkan dengan pembacaan komitmen pengurus dan pengambilan sumpah oleh Bung Reberto J Renyaan sebagai Ketua Dewan Pendiri.

Dengan mengangkat tema menjalin persatuan dan silaturahmi keluarga besar masyarakat Maluku di bumi lancang kuning, maka secara resmi DPP PM2R periode 2023-2028 menjadi Ketua Umum DPP PM2R Jantje Sangur, Sekretaris Umum Ferry F Leatemia, dan Bendahara Umum Lilik Maulida.

Usai pelantikan, Ketua Umum Jantje Sangur menyampaikan terdapat beberapa program kerja DPP PM2R  kedepan dalam memajukan paguyuban tersebut dijalankan sesuai dengan visi dan misi yang sudah diatur didalam AD/ART organisasi.

“Kita mempunyai konsep menjalin persatuan serta silaturahmi antar sesama pengurus. Dan kami dengan pemerintah akan selalu ikut mendukung pembangunan kemajuan suatu daerah,” ujar Jantje.

Untuk menyamakan persepsi ditubuh organisasi tersebut, Jantje secepatnya akan melaksanakan konsolidasi di internal organisasi antara anggota dengan pengurus, sehingga bisa saling mengenal satu sama lainnya.

“Dan juga kita akan mengintensifkan seluruh kemampuan para anggota yang dimilikinya, bertujuan untuk memajukan paguyuban ini. Selain itu, kami berharap kepada pemerintah untuk bisa memberdayakan organisasi ini, karena kami merupakan bagian dari kemajuan pembangunan di Provinsi Riau,” tutupnya.

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau Auni M. Noor menyampaikan apresiasi dengan terbentuknya kepengurusan DPP PM2R, karena hal ini akan menjadi suatu kekuatan dan kesatuan antar sesama suku/budaya yang terjalin dengan konteks Bhineka Tunggal Ika di negara Indonesia.

“Saya sangat senang dengan kehadiran masyarakat Maluku di Riau ini, tentunya kelestarian adat dan budaya mereka dapat dikenal di bumi lancang kuning ini. Jadi diharapkan kepada seluruh paguyuban untuk bisa memacu kebudayaan masing-masing yang merupakan aset bagi negara,” sebut Auni.

Untuk diwilayah Provinsi Riau sebagai Ketua FPK Auni melihat bahwa masyarakat Maluku sangat baik dalam menjalin kerjasama melalui silaturahmi antar sesama paguyuban.

“Mereka (Masyarakat Maluku, red) kalo saya lihat  cukup aktif bersinergi dengan kita FPK, apapun kegiatan informasi dari kita mereka akan ikut serta sehingga kami merasa sangat terbantu sekali. Sukses dan maju untuk DPP PM2R,” tutup Auni.

Sementara itu, Kapolda Riau yang diwakili oleh Kasubdit BinSatpam Polsus Ditbinmas AKBP Raden Edi Saputra menyampaikan pesan kepada seluruh anggota dan pengurus DPP PM2R agar terus kompak dan bersatu untuk memajukan Provinsi Riau.

Dan apapun yang ada di Riau, merupakan milik masyarakat Maluku juga artinya kita semua bersaudara, tidak ada perbedaan satu dengan lainnya.

“Ciptakan suasana damai dan sejuk dalam bermasyarakat, apalagi memasuki tahun politik kita tekankan siapa pun yang terpilih tetap hargai dan jaga kebersamaan. Intinya kita semua adalah bersaudara,” singkat AKBP Raden.

Kegiatan diakhiri dengan berfoto bersama, ucapan selamat kepada pengurus yang telah dilantik, rangkaian ramah tamah dan makan siang bersama *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *