Info, pilarbangsa.com – Dari sebelas jumlah negara yang mewakili ASEAN dalam ajang kualifikasi Piala Asia U-23, ada lima negara yang turut tersingkirkan dari kompetisi tersebut.

Beberapa negara lain telah dinyatakan lolos ke Piala Asia U-23 2024, termasuk Timnas Indonesia U23.

Timnas Indonesia U23 berhasil berada di puncak klasemen Grup K dengan tanpa kebobolan dan kekalahan.

Adapun, berikut ini adalah daftar lima negara ASEAN yang tidak lolos ke Piala Asia U-23 2024, yang dirangkum dari info Kualifikasi Piala Asia AFC U-23, Jumat (15/9/2023) :

Brunei Darussalam

Pertama adalah negara Brunei Darussalam yang mana tergabung di Grup A saat kualifikasi Piala Asia U-23 dan bergabung bersama Yordania, Oman, dan juga Suriah.

Timnas Brunei Darussalam saat melakoni pertandingan di Grup A mengalami tiga kali kekalahan yang berturut-turut, dimana kalah atas Yordania dengan skor 0-9, dan kalah atas Suriah dengan skor 0-11, dan terakhir saat melawan Oman dengan skor 3-0.

Singapura

Kemudian ada negara Singapura yang mana tergabung di Grup C bersama Vietnam, Yaman, dan Guam.

Namun Singapura mendapatkan peringkat ketiga pada babak grup dimana berhasil imbang sebanyak dua kali, dan mengalami kekalahan satu kali saat berhadapan dengan Yaman.

Timor Leste

Selanjutnya ada Timor Leste yang mana juga bernasib sama dengan Brunei Darussalam. Timor Leste berada di Grup F yang mana bergabung bersama Irak, Kuwait, dan Macau.

Timor Leste berhasil meraih tiga poin dari kemenangannya saat kontra Macau dengan skor akhir 5-0. Dan dua pertandingan lainnya mengalami kekalahan telak.

Filipina

Walaupun Filipina termasuk tim yang kuat dalam sepak bola, namun tetap saja Filipina tidak dapat berhasil meraih satu tiket ke Piala Asia U-23 2023.

Hal tersebut dikarenakan Filipina tergabung dalam Grup H yang mana hanya berhasil meraih tiga poin saat kontra Bangladesh dengan skor 1-0.

Dan selebihnya Filipina harus mengalami kekalahan usai bertanding bersama Thailand, Vietnam dan Malaysia yang juga turut bergabung di Grup H.

Laos

Terakhir adalah Timnas Laos yang juga turut mengalami kegagalan untuk melaju ke Piala Asia U-23 2024. Laos bergabung dalam Grup I bersama Australia, Tajikistan, dan Korea Utara.

Pertandingan antara Laos dan Korea Utara dibatalkan, namun pertandingan Laos melawan Australia dan Tajikistan harus berakhir dengan kekalahan, sehingga Laos dinyatakan tidak lolos ke putaran Piala Asia U-23 2024. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *