Pekanbaru, pilarbangsa.com – Sosialisasi Jaringan Gas di kota Pekanbaru kembali dilakukan oleh PT. Sarana Pembangunan Energi Madani (SPEM) yang bekerja sama dengan PT. Pertagas Niaga dan didukung penuh oleh pemerintah kota Pekanbaru.

Direktur PT. Sarana Pembangunan Energi Madani (SPEM), Panzi Barza MM mengatakan pemasangan jaringan gas di kota Pekanbaru hingga merupakan proyeksi dari Kementerian ESDM sejak dari tahun 2015 sepanjang 3717 sambungan rumah, tahun 2017 sepanjang 3270 sambungan rumah, dan tahun 2020 sepanjang 5200 sambungan rumah.

Untuk totalnya terdapat 12.183 sambungan yang sudah dialiri diwilayah 6 Kecamatan di kota Pekanbaru yakni kecamatan Limapuluh, kecamatan Pekanbaru kota, kecamatan Sail, kecamatan Sukajadi, kecamatan Senapelan, dan kecamatan Marpoyan Damai.

“Maka hari ini kita mendatangkan PT. Pertagas Niaga dari Pertamina berdiskusi bersama pemerintah kota Pekanbaru untuk memberikan sosialisasi bagaimana masyarakat bisa lebih mudah menggunakan jaring gas serta perawatannya,” jelas Panzi.

Ia juga mengharapkan kepada pihak Pertagas Niaga untuk tetap bekerja sama dan memberikan support kepada PT. Sarana Pembangunan Energi Madani, sehingga kedepannya jaringan gas bisa bertambah menjadi 15 kecamatan untuk melayani masyarakat.

“Selain bantuan dari Pertagas Niaga, insya allah kita juga mendapatkan peluang program kerja dari Kementerian ESDM yang dinamakan KPBU, yakni memberikan tambahan jaringan gas lebih kurang sekitar 206.816 sambungan gas ke rumah-rumah. Yang mana barangnya sudah ready di kementerian Bappenas, tinggal persetujuan saja. Maka seluruh kecamatan di kota Pekanbaru akan teraliri jaringan gas,” sebut Panzi.

“Namun untuk sementara kecamatan diwilayah Rumbai kemungkinan belum dapat dialiri jaringan gas, kita fokus dulu diwilayah kota Pekanbaru bagian Timur, Selatan, dan Barat. Rencana realisasinya tahun 2024 mendatang,” imbuhnya.

Sementara itu, Kartika Tiara sebagai Manager Stakeholder Relation PT. Pertagas Niaga menyampaikan kegiatan sosialisasi ini bertujuan dapat bertemu langsung dan menjalin kerja sama lebih dekat dengan seluruh pengguna jaringan gas khususnya di 6 kecamatan di kota Pekanbaru.

“Penyampaian kita tadi bisa bersama-sama menjaga aset jaringan gas, karena ini merupakan program pemerintah yang menggunakan APBN dan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin,” jelas Tiara.

Ia juga mengatakan penyaluran jaringan gas ke masyarakat tujuannya untuk memberikan akses kepada masyarakat akan energi yang bersih, ramah lingkungan, mudah, murah dan handal.

“Jadi harapannya jaringan gas ini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat yang sudah disambungkan oleh pipa-pipa gas tersebut. Dan tentunya masyarakat dapat membayar dengan lancar sesuai pemakaiannya,” sebut Tiara.

“Terakhir kepada masyarakat kami himbau bisa saling menjaga jaringan gas rumah tangga, saling memberikan informasi apabila ada kendala kebocoran dari jaringan gas tersebut melalui call center jargas Pekanbaru 0853-6886-5379,” tutupnya.

Pemerintah kota Pekanbaru melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, Mahyudin menyambut baik kegiatan sosialisasi ini, karena hal ini sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dibidang energi gas untuk kebutuhan rumah tangga.

Ia mengharap juga kepada pihak PT. Pertagas Niaga bersama dengan PT. Sarana Pembangunan Energi Madani untuk bisa melayani pemasangan jaringan gas di 15 kecamatan kota Pekanbaru, karena saat ini baru 6 kecamatan yang tersalurkan.

“Kalau bisa seluruhnya kecamatan terlayani, apapun prosedur dan syaratnya akan kita lengkapi demi kebutuhan masyarakat,” ujar Mahyudin

“Pesan kami kepada masyarakat untuk tidak ada lagi keraguan memasang jaringan gas, karena ini sangat membantu sekali. Jaringan gas ini sangat aman,” tutupnya. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *