Kampar, pilarbangsa.com – Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau yang biasa disingkat PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi.

Dengan demikian seluruh keluarga beserta anggotanya akan mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

Karena PHBS merupakan upaya dalam pencegahan penyakit yang paling sederhana dilakukan setiap individu di tengah kegiatan bermasyarakat.

Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa Kukerta Integrasi UNRI 2023 melaksanakan sosialisasi PHBS guna mengedukasi serta memberi wawasan lebih khususnya terkait cara menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat.

Pada Kamis, 15 Agustus 2023, sosialisasi PHBS telah dilaksanakan oleh mahasiswa Kukerta tersebut dilingkungan SD Negeri 034 Tarai Bangun.

Melihat aksi peduli terhadap kesehatan lingkungan tersebut, Kepala Sekolah SD Negeri 034 Tarai Bangun Hartono Suarjono Suryaningrat sangat menyambut baik.

“Kami senang adik-adik mahasiswa bisa berbagi ilmu dengan siswa kami di sini selama beberapa hari kedepan. Dan anak-anak senang bisa juga belajar sambil bermain bersama mereka,” ujarnya.

Terdapat tiga topik pembahasan dalam sosialisasi PHBS, diantaranya adalah mencuci tangan dengan bersih memakai sabun, pemaparan materi makanan bergizi, dan dan pengukuran IMT.

Tidak itu saja, rombongan mahasiswa Kukerta juga langsung mempraktekkan bagaimana cara mencuci tangan yang benar serta memberikan contoh tentang cara menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih dan nyaman.

Terakhir, mahasiswa Kukerta Integrasi unri 2023 tersebut berharap kegiatan ini dapat mengedukasi seluruh murid dilingkungan SDN 034 Tarai Bangun.

“Tentunya kami sampaikan bahwa perilaku hidup bersih dan sehat ini merupakan cara sederhana yang mudah untuk dipraktikkan dimana pun kita berada,” sebut Vito salah satu mahasiswa Kukerta Integrasi UNRI 2023. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *