Info, pilarbangsa.com – Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan rencana pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan CEO Apple Tim Cook pada Rabu (17/4) bakal membahas peluang investasi raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu di Indonesia.

“[Bahas] investasi Apple di Indonesia. Detailnya nanti tunggu pertemuan besok,” kata Budi saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (16/4).

Budi tidak bicara banyak soal peluang investasi Apple di Tanah Air. Ia hanya menekankan bahwa hal tersebut bakal berdampak positif bagi Indonesia, terlebih di bidang teknologi.

“Bagus untuk Indonesia karena negara kita menjadi bagian penting dari ekosistem kemajuan teknologi,” jelas dia.

Budi menjelaskan pertemuan antara Jokowi dan Cook rencananya berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta. Keduanya dijadwalkan bertemu sekitar pukul 09.30 WIB.

Sebelumnya, Cook dikabarkan bakal mengunjungi Indonesia pada Rabu (17/4).

Mulanya, ia disebut bakal ke Bali terlebih dulu untuk meresmikan Apple Developer Academy sebelum bertemu Jokowi keesokan harinya.

Cook ke Indonesia setelah ia berkunjung ke Vietnam. Dalam kunjungannya Cook menyatakan rencana Apple untuk meningkatkan investasi bagi pemasok mereka di Vietnam.

“Mulai dari bekerja sama dengan pemasok lokal, hingga mendukung proyek air bersih dan kesempatan pendidikan, kami berkomitmen untuk terus memperkuat hubungan di Vietnam,” ujar Cook dalam pernyataannya.

Vietnam telah menjadi salah satu pusat manufaktur penting Apple di luar China dalam beberapa tahun terakhir, dengan pemasok seperti Luxshare, Foxconn, Compal, dan GoerTek yang mengoperasikan pabrik-pabriknya di negara tersebut. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *