Info, pilarbangsa.com – Salinan komik cetakan 1938 yang pertama kali “memperkenalkan Superman ke dunia” telah terjual dengan harga fantastis.

Rumah lelang mengungkapkan komik itu terjual US$6 juta atau sekitar Rp96,68 miliar (US$1=Rp16.114)

Menurut Heritage Auctions, seperti diberitakan AP (10/4), salinan langka Action Comics No. 1 dijual kepada pembeli anonim pada Kamis (4/4).

Harga tersebut membuatnya menjadi komik termahal yang pernah dijual melalui lelang.

Heritage Auctions memuji Action Comics No. 1 sebagai “komik paling penting yang pernah diterbitkan.”

Hal itu dikarenakan Superman yang pertama kali muncul pada edisi musim semi 1938 itu sangat mirip dengan versi yang masih terlihat di komik strip dan di layar lebar saat ini.

Selain kemunculan pertama Man of Steel, buku tersebut juga memperkenalkan kekasihnya, Lois Lane.

Berdasarkan perkiraan layanan penilaian buku komik Certified Guaranty Company (CGC) hanya ada 100 salinan Action Comics No. 1 yang masih ada saat ini dari 200.000 yang dicetak National Allied Publications, pendahulu DC Comics.

Salinan yang terjual pekan lalu memiliki peringkat CGC “Sangat Baik+” sebesar 8,5 – dengan hanya dua edisi lain yang belum dipulihkan yang memiliki peringkat lebih tinggi, menurut catatan Heritage Auctions.

Meskipun tidak mencapai US$6 juta, salinan langka Action Comics No. 1 lainnya telah terjual jutaan dolar dalam lelang beberapa tahun terakhir, termasuk terbitan dengan rating 6,0 yang terjual seharga US$3,56 juta melalui ComicConnect 2023.

Rekor penjualan terbaru melampaui catatan komik termahal yang pernah dijual, yakni salinan komik lain yang dibintangi Superman, Superman No.1

Komik itu dijual secara pribadi seharga US$5,3 juta pada 2022, menurut CGC.

Penjualan Action Comics No. 1 merupakan bagian dari acara lelang komik empat hari yang menampilkan beberapa pahlawan super ternama dan komik langka yang menampilkan mereka.

Acara tersebut menghasilkan lebih dari US$28 juta pada akhir Minggu (7/4), menurut Heritage Auctions. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *