Info, pilarbangsa.com – Gara-gara Shin Tae-Yong (STY), Nova Arianto ikutan hobi marah-marah saat pimpin Timnas Indonesia U-16? Ia terlihat beberapa kali memarahi anak asuhnya saat memimpin latihan.

Nova ditunjuk oleh PSSI untuk menangani Timnas Indonesia U-16. Ia lalu menggelar pemusatan latihan (TC) sekaligus seleksi dalam tiga gelombang untuk menemukan pemain terbaik.

Sejak mulai latihan pekan lalu, Nova beberapa kali terlihat menerapkan ilmu yang diperolehnya dari Shin Tae-Yong.

Eks bek Persib Bandung itu memang merupakan tangan kanan sang pelatih di Timnas Indonesia.

Menariknya, ada satu hobi Shin yang diikuti Nova yakni marah-marah. Ia kedapatan beberapa kali memarahi anak asuhnya yang dinilai tidak menjalankan instruksi dengan baik saat latihan.

Hal itu terlihat dalam potongan video yang beredar di media sosial. Nova marah-marah saat mengawasi anak asuhnya berlatih di Lapangan A Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa 27 Februari 2024 lalu.

Pelatih berusia 45 tahun itu gusar ketika melihat pemainnya memilih untuk menggiring bola alih-alih mengoper ke rekan setim. Ia lalu mempraktikkan sendiri taktik yang diinginkan.

Selain itu, Nova juga dengan tegas mengingatkan pemain untuk saling berkomunikasi di lapangan.

Menurutnya, buruknya komunikasi menjadi masalah akut di Timnas Indonesia, tak hanya U-16.

Terakhir, Nova sempat menghukum pemain dengan push-up. Sebab, ia tak mengenal dengan baik nama rekan setimnya padahal sudah sepekan bersama. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *