Pekanbaru, pilarbangsa.com – Sebanyak kurang lebih 56 murid Taman Kanak-kanak (TK) Two M Kids berkunjung ke Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) kelas A Pekanbaru pada Kamis, 22 Februari 2024 Pagi.

Kunjungan anak-anak TK yang didampingi langsung Kepala Sekolah sekaligus beberapa guru pembimbingnya tersebut disambut baik oleh Ketua DWP Kantor SAR Pekanbaru Ny.Siska Budi Cahyadi bersama pengurus dan anggota.

Dengan sikap tertib dan jalan teratur, rombongan murid TK tersebut langsung memasuki salah satu gedung untuk melihat langsung peralatan, perlengkapan dan alut yang digunakan oleh Tim SAR ketika bertugas.

Dibimbing oleh Faridil, yang merupakan instruktur handal dibidangnya, dengan menjelaskan satu persatu fungsi dan manfaat beberapa alut yang ditampilkan.

Terlebih dahulu, instruktur menjelaskan kepada anak-anak usia dini tersebut pengenalan tentang apa dan tugas SAR, kemudian masuk ke penjelasan peralatan dan kegunaannya.

Ketua DWP Kantor SAR Pekanbaru Ny.Siska Budi Cahyadi menyampaikan rasa terimakasih kepada Yayasan TK Two M Kids yang telah bersedia mengunjungi kantor SAR dengan membawa serta anak usia dini untuk diberikan edukasi pemahaman tentang pencarian dan pertolongan kepada korban ketika dalam kondisi membahayakan.

Ny.Siska juga mengatakan bahwa di instansi BASARNAS selama memiliki program SAR Khusus School yang berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan kota maupun Provinsi untuk memberikan pemahaman serta edukasi kepada murid TK, SD, SMP, dan SMA.

“Kita berkewajiban memberikan atau menyampaikan tentang SAR kepada anak usia dini maupun generasi muda, terkait bagaimana menolong, mengevakuasi, menyelamatkan orang, serta lainnya. Edukasi yang kita diberikan sejak dini tersebut bertujuan agar mereka lebih mengetahui bahwa pentingnya arti suatu keselamatan,” ujar Ny.Siska Budi Cahyadi.

Ia pun menyebutkan, sebagai mentor akan memberikan edukasi atau penjelasan kepada anak-anak sesuai dengan tingkat pendidikan, mulai dari pelajar TK hingga SMA.

Anak-anak Senang Naik Ke Mobil ATV SAR

“Jadi kita memiliki mentor atau instruktur yang berpengalaman dengan kemampuannya memberikan edukasi kepada anak di segala usia. Kalo anak TK, dalam penyampaiannya kita akan¬† berbicara dengan cara masuk sebagai temannya, karena kategori anak tersebut butuh kesabaran dalam memberikan penjelasan,” jelasnya.

Menurut Ny.Siska, selama program SAR Khusus School ini dijalankan, pihak dari seluruh tingkatan sekolah sangat antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Minat keinginan mereka sangat tinggi terhadap ilmu SAR ini. Bahkan ada juga mahasiswa dari beberapa kampus yang tergabung dalam Mahasiswa Pencinta Alam atau Mapala sering belajar dan melakukan konsultasi atau transfer knowledge tentang keselamatan pertolongan dan pencarian korban dengan kita,” sebut Ny.Siska.

“Dalam edukasi kepada anak-anak TK tadi, kita memberikan pemahaman tentang tata cara memakai life jaket ketika kita berada di kapal, serta penggunaan beberapa peralatan untuk mendaki gunung. Dan terakhir kita kenalkan juga¬† kepada mereka salah satu alut kita yakni mobil ATV yang berfungsi untuk alat angkut logistik,” imbuhnya.

Terakhir, Ny.Siska Budi Cahyadi menyampaikan kepada seluruh tingkatan sekolah yang ada di Provinsi Riau khususnya di kota Pekanbaru agar bisa memberikan kesempatan kepada siswa didiknya untuk bisa mengenal lebih dekat tugas dan fungsi dari SAR.

“Kita membuka peluang dan kesempatan bagi mereka anak usia dini maupun generasi muda untuk bisa berkunjung ke sini, syaratnya cukup mudah hanya melampirkan surat permohonan kunjungan dari sekolah, maka secepatnya akan kita setujui,” tutu Ny.Siska.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK Two M Kids Arlin Afriani S.Pd mengatakan merasa bersyukur bisa diberikan kesempatan untuk membawa anak-anak mengenali lingkungan SAR sekaligus mencoba langsung peralatan dan perlengkapan dalam penyelamatan.

“Kami segenap majelis guru sangat berterima kasih, semoga ilmu disampaikan dapat diterima oleh anak-anak kita,” jelas Arlin menyebutkan terakhir kalinya di tahun 2018 berkunjung ke Kantor SAR Pekanbaru.

Kegiatan diakhiri dengan berfoto bersama anak-anak dan rombongan tenaga pendidik dengan Ketua dan pengurus DWP Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) kelas A Pekanbaru. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *