Info, pilarbangsa.com – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (STY) memulai tugas sebagai Ketua Komite Penasihat Seongnam FC, Kamis (8/2).

Hal ini diketahui dari unggahan Instagram Seongnam. Dalam video yang diunggah di akun Instagram Seongnam, Kamis (8/2) terlihat STY bersama pemilik klub Seongnam FC Shin Sang Jin tengah mempromosikan kartu keanggotaan Seongnam.

“Beli kartu keanggotaan 2024 bersama pemilik Seongnam FC Shin Sang Jin dan Ketua Komite Penasihat Seongnam FC Shin Tae Yong,” tulis Seongnam dalam caption Instagram.

Dengan pengalaman dan nama besar Shin Tae Yong, yang juga merupakan mantan pemain dan pelatih Seongnam diharapkan bisa membantu meningkatkan prestasi klub K-League 2 Korea Selatan tersebut.

Shin merupakan ikon klub tersebut. Hampir sepanjang kariernya, STY bermain di Seongnam tepatnya pada 1992 hingga 2004. Selain itu Shin juga pernah menjadi pelatih Seongnam pada 2008 hingga 2012.

Shin diperkenalkan sebagai Ketua Komite Penasihat Sheongnam sejak 27 Oktober 2023.

Terkait hal ini, Ketua Umum PSSI Erick Thohir sudah mengatakan pihaknya tak masalah pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong masuk dalam Komite Penasihat Seongnam FC.

Saat itu Erick memastikan STY sudah bicara dengannya sebelum menerima jabatan di Seongnam FC.

Lagi pula, dikatakan Erick, pekerjaan tersebut juga tak menyita banyak waktu.

“Enggak apa-apa, beliau [STY] sudah bicara sama saya. Kan itu bukan day to day,” kata Erick saat meninjau Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, pada 29 Oktober 2023.

Erick kemudian mencontohkan posisinya sebagai Ketum PSSI yang juga banyak menempati jabatan lain, seperti Menteri BUMN dan penasihat di sejumlah lembaga.

PSSI juga tak punya alasan untuk melarang Shin Tae Yong menempati jabatan penasihat di Seongnam FC, yang merupakan mantan klubnya. Yang penting, kata Erick, adalah hasil kerja STY untuk Timnas Indonesia.

“Saya juga jadi penasihat di sini, di situ. Yang penting hasil,” ucap Erick. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *