Info, pilarbangsa.com – Iran masuk dalam daftar negara yang sulit mengeluarkan visa. Namun, mulai Senin, 5 Februari 2024, wisatawan Indonesia dan 27 negara lainnya bisa memasuki negara tersebut tanpa visa, seperti diumumkan kantor berita milik negara, IRNA.

Ali Reza Bigdeli, Deputi Kementerian Luar Negeri yang membidangi Urusan Konsuler, Parlemen, dan Ekspatriat Iran, mengumumkan bahwa pemerintah negara tersebut memberikan fasilitas bebas visa bagi wisatawan dari 28 negara mulai tanggal tersebut.

Iran menghapus persyaratan visa untuk negara-negara tersebut secara sepihak.

Namun, Bigdeli menyoroti bahwa meskipun warga negara India diperbolehkan masuk bebas visa melalui jalur udara, mereka yang ingin masuk melalui perbatasan darat harus mendapatkan visa.

Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Qatar, Bahrain, Kuwait, Uzbekistan, Kirgistan, Tunisia, Tanzania, Mauritania, dan Zimbabwe.

Selain itu, ada Mauritius, Seychelles, Jepang, Indonesia, Singapura, Kuba, Vietnam, Kamboja, Brunei, Brazil, Meksiko, Peru, Kroasia, Serbia, Bosnia dan Herzegovina, Belarusia, dan India.

Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Internasional

IRNA sebelumnya melaporkan bahwa inisiatif ini merupakan bagian dari strategi Iran untuk meningkatkan pariwisata internasional.

Negara ini mengalami peningkatan kunjungan wisatawan asing sebesar 48,5 persen menjadi 4,4 juta selama delapan bulan pertama 2023 (mulai 21 Maret), dibandingkan dengan jangka waktu yang sama tahun sebelumnya.

Pada Desember 2023, Iran mengumumkan pencabutan persyaratan visa bagi warga negara dari 33 negara, yang menunjukkan perkembangan positif dalam hubungan diplomatiknya.

Menteri Pariwisata Iran, Ezzatollah Zarghami, menjelaskan bahwa keputusan tersebut bertujuan untuk menunjukkan komitmen Iran terhadap interaksi global, melawan persepsi dan rumor negatif, dan mengatasi fenomena “Iranophobia” di antara negara-negara lain.

Kementerian Pariwisata mengajukan usulan pada 2022 untuk menyederhanakan perjalanan dan mempromosikan pariwisata dengan menghilangkan persyaratan visa bagi pemegang paspor dari 68 negara.

Sebelumnya, Iran telah mencabut persyaratan visa bagi warga negara Turki, Azerbaijan, Oman, China, Armenia, Lebanon, dan Suriah. (*)

TOUR AND TRAVEL WORLD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *