Info, pilarbangsa.com – Masjid Nabawi, salah satu dari tempat yang dituju jutaan umat muslim dunia setiap waktunya, ternyata diselimuti oleh teknologi canggih.

Teknologi itu ditanamkan dalam karpet yang terbentang di hampir tiap sudut masjid yang terletak di kota Madinah, Arab Saudi.

Otoritas Arab Saudi yang bertanggung jawab atas tempat ibadah di kota Madinah memasang chip di karpet Masjid. Tujuannya adalah memudahkan untuk membersihkan karpet.

Karpet tersebut selalu dibersihkan setiap harinya. Dari mulai disterilkan hingga diberi wewangian, dikutip dari Gulfnews, Jumat (2/2/2024).

Chip menyimpan banyak informasi di dalamnya. Misalnya lokasi karpet hingga riwayat kapan dibersihkan, disterilkan dan diberi wewangian.

Bukan hanya itu, tiap karpet juga memiliki QR Code. Di dalamnya tertanam informasi seperti tanggal pembuatan, penggunaan, lokasi, serta waktu pencucian karpet.

Selain Masjidil Haram di Makkah, Masjid Nabawi memang jadi salah satu tempat tujuan jamaah seluruh dunia.

Di sana terdapat makam Nabi Muhammad (SAW), Al Rawda Al Sharifa.

Masjid Nabawi didatangi jutaan jamaah, misalnya 6,3 juta jamaah pada minggu lalu.

Untuk tahun lalu terdapat 280 juta umat muslim yang beribadah di sana.

Sementara itu, diperkirakan akan ada 10 juta umat muslim yang melaksanakan umrah musim ini. Yakni telah dimulai sejak enam bulan lalu.

Menteri Haji dan Umrah Saud Tawfiq Al Rabiah mengungkapkan sekitar 13,5 juta jamaah melaksanakan umrah tahun lalu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *