Pekanbaru, pilarbangsa.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Rumbai Timur secara resmi dilaksanakan pada Rabu, 31 Januari 2024.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Camat Rumbai Timur Syamsudin S.Sos yang bertempat di Aula Kelurahan Lembah Sari, yang dihadiri oleh perwakilan BAPPEDA kota Pekanbaru, anggota DPRD kota Pekanbaru, unsur dinas terkait, seluruh Lurah se kecamatan,  perwakilan TNI-Polri, ketua LPM, Ketua Forum RT/RW, dan para tamu undangan lainnya.

Setelah kegiatan Musrenbang, Camat Syamsudin mengatakan segala usulan prioritas dari setiap kelurahan telah disampaikan, dan untuk 2024 ini akan banyak pembangunan yang akan direncanakan di Kecamatan Rumbai Timur.

“Kita berharap nantinya di pembahasan musrenbang di tingkat kota pekanbaru, pembangunan di kecamatan Rumbai Timur pada tahun 2025 mendatang dapat lebih banyak. Karena kita ketahui saat ini jalan-jalan, drainase, dan infrastruktur di kecamatan ini masih perlu dibenahi,” ujar Camat Syamsudin seraya mengatakan yang paling prioritas adalah pembangunan dua kantor kelurahan yakni di Sungai Ukai serta Sungai Ambang dan juga kantor Kecamatan Rumbai Timur.

Ia menyampaikan juga untuk usulan prioritas disetiap kelurahan di kecamatan Rumbai Timur bervariasi, dan tetap mengacu dengan perencanaan pembangunan dibidang infrastruktur.

“Seperti salah satunya Jalan Bangdes menuju Sungai Ukai yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan. Perbaikan jalan ini sangat penting, mengingat pendistribusian kotak suara pada Pemilu mendatang perlu dilakukan, maka kami meminta kepada Dinas PUPR dan Perkim untuk segera melakukan servis jalan tersebut,” ujar Syamsudin.

“Kita juga mengusulkan perencanaan non fisik seperti permintaan dari forum anak kecamatan agar dapat dilaksanakan sosialisasi pernikahan dibawah umur kepada masyarakat. Dan usulan dari kelompok tani seperti budidaya sapi, bibit ikan dan sayur-sayuran. Kemudian ada juga usulan pelatihan-pelatihan dimasing-masing kelurahan ke kecamatan Rumbai Timur,” imbuhnya.

Untuk usulan prioritas dibidang pendidikan, Camat menjelaskan terdapat permintaan SMP di Kelurahan Okura untuk penambahan Ruang Kelas Baru (RKB), mengingat kondisi SMP ini masih bergabung dengan gedung SD.

“Sesuai keterangan kepala sekolah tadi bahwa pembangunan RKB di SMP tersebut sangat penting, karena untuk mencapai nilai akreditasi sekolah yang telah ditentukan. Selain RKB ada juga pembangunan perpustakaan, laboratorium, dan kantor,” tutup Camat Rumbai Timur. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *