Pekanbaru, pilarbangsa.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun S.STP, M.AP yang diwakili oleh Kepala Bappeda Iwa Germino telah membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Bukit Raya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu, 17 Januari 2024 bertempat di salah satu Ballroom Hotel berbintang di kota Pekanbaru.

Camat Bukit Raya dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan musrenbang bertujuan untuk mencapai kesepakatan atas prioritas pembangunan, serta untuk membahas dan menyepakati usulan pembangunan yang berskala prioritas.

“Untuk rencana pembangunan ini telah kita lakukan sebelumnya pada Pra Musrenbang yang menyampaikan beberapa program prioritas. Yang mana kebutuhan prioritas pembangunan lebih mendominasi kepada hal infrastruktur, namun seperti program pertumbuhan ekonomi serta pelatihan dan pembekalan belum ada usulan masukan dari masyarakat,” jelas Camat Bukit Raya.

Camat sebut juga bahwa terdapat usulan dari masyarakat yang diperuntukkan untuk tahun 2025 mendatang tetapi telah terealisasi di tahun ini.

“Dengan demikian kami minta kepada seluruh pihak kelurahan bersama pengurus LPM nya untuk bisa memperhatikan rencana usulannya, apakah sudah dilaksanakan atau belum,” ujar Camat.

Dalam rencana pembangunan yang akan diusulkan pada Musrenbang 2024-2025 ini, menurut Camat sebanyak 15 usulan dalam lima kelurahan di kecamatan Bukit Raya.

“Intinya kami harapkan disetiap kelurahan terdapat satu usulan yang dapat terealisasikan,” imbuhnya.

Menjawab permasalahan kondisi curah hujan yang cukup tinggi sehingga air meluap dan mengakibatkan banjir disebagian wilayah Kecamatan Bukit Raya juga masuk dalam salah satu usulan di Musrenbang tersebut.

“Permasalahan banjir yang akan kita usahakan dalam musrenbang saat ini diwilayah jalan embun pagi, karena dimana ada satu lobang yang sengaja dibuat oleh pihak developer perumahan sehingga air terus tergenang yang berakibat banjir, karena tidak adanya drainase disekitarnya, dan yang lebih parahnya mengakibatkan jalan rusak. Maka ini merupakan salah satu prioritas pembangunan kita,” tutup Camat Bukit Raya.

Sementara itu, Anggota DPRD kota Pekanbaru dari Partai Amanat Nasional (PAN) Indra Sukma mengatakan dalam pelaksanaan di Musrenbang tentunya lebih banyak usulan pembangunan infrastruktur.

Maka menurut Indra, pembangunan infrastruktur tersebut harus menjadi prioritas utama dan wajib terus diperjuangkan sampai pada akhirnya dapat terealisasikan.

“Selain itu, saya juga telah berupaya membangun negeri kita tercinta ini, kota Pekanbaru yang bertuah dengan menjalankan program kerja melalui beberapa titik pikir, baik untuk drainase, semenisasi, pembangunan rumah ibadah, dan lainnya,” sebut Indra.

“Harapan kedepannya saya berkeinginan kepada seluruh masyarakat dalam menghadapi pesta demokrasi pada tanggal 14 Februari nanti agar dapat menjadi pemilih yang cerdas, sehingga membawa perubahan bagi kemajuan dilingkungan tempat tinggal kita,” tutupnya.

Hadir juga dalam musrenbang tersebut, beberapa perwakilan dari Dinas terkait seperti Dinas PUPR, Dinas Perkim, Dinas Perhubungan dan lainnya. Serta Forkopimcam, Ketua Forum RT/RW, Ketua LPM kelurahan/kecamatan, dan tamu undangan lainnya. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *