Info, pilarbangsa.com – Kabar baik bagi warga Kota Pekanbaru, Maskapai penerbangan Lion Air membuka rute baru penerbangan langsung dari Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru (PKU) ke Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo (SUB), mulai 12 Januari 2024.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis mengatakan, penerbangan langsung ini, para penumpang tidak perlu lagi transit di Jakarta atau kota lain, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan.

Waktu perjalanan dapat dipersingkat, menyediakan kenyamanan dan fleksibilitas lebih bagi penumpang.

“Penerbangan ini akan dilayani setiap hari dengan frekuensi 7 kali seminggu, berharap membuka peluang baru bagi masyarakat, pebisnis, dan wisatawan,” kata Danang, Senin (08/01/2024).

Danang menjelaskan, rute langsung ini dirancang memberikan pengalaman perjalanan lebih efisien dan nyaman, karna penerbangan dari Pekanbaru melalui Surabaya ini akan terhubung ke Pontianak, Sampit, Pangkalan Bun, Balikpapan, Banjarmasin, Berau, Samarinda, Tarakan, Bali, Lombok, Labuan Bajo, Kupang, Makassar, Manado, Kendari, Ambon, Ternate dan kota-kota lainnya.

“Pemangkasan waktu menguntungkan, karena mendukung mobilitas dan produktivitas masyarakat, pebisnis, dan wisatawan yang ingin beraktivitas di kedua kota serta membantu pengembangan perekonomian masing-masing daerah,” kata Danang.

Selain itu, tambah Danang, bagi pebisnis kemudahan perjalanan ini dapat meningkatkan efisiensi dalam menjalankan operasi bisnis, partisipasi dalam pertemuan, serta menjalin hubungan bisnis di kedua kota.

“Penerbangan langsung ini juga meningkatkan mobilitas penduduk, yang pada gilirannya dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi lokal,” ungkap Danang.

Permintaan terhadap layanan transportasi lokal, akomodasi dan sektor usaha lainnya yang juga bisa meningkat.

“Daya tarik lainnya adalah bagi wisatawan yang mencari tujuan wisata yang menjadi keunikan masing-masing daerah, sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Pekanbaru maupun Surabaya, tentu saja hal ini memberikan dorongan positif pada industri pariwisata,” katanya.

Danang menambahkan, adapun jadwal penerbangan Lion Air Pekanbaru (PKU)-Surabaya (SUB) dan sebaliknya.

“PKU-SUB JT-983 jadwal berangkat 12.40 WIB, jadwal tiba 15.20 WIB. Sementara, SUB-PKU JT-982 jadwal berangkat 09.20 WIB, jadwal tiba 12.00 WIB,” jelas Danang.

Sebagaimana diketahui, Pekanbaru, sebagai ibu kota provinsi Riau, merupakan pusat perdagangan, industri dan jasa di Sumatera yang memiliki banyak objek wisata budaya, sejarah, dan alam, seperti Istana Siak, Masjid Agung An-Nur, Taman Nasional Tesso Nilo dan lain-lain.

Sedangkan Surabaya, sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur, merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia, terkenal karena banyak pusat bisnis, pendidikan, dan teknologi serta destinasi wisata menarik, seperti Monumen Tugu Pahlawan, Jembatan Suramadu dan lainnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *