Info, pilarbangsa.com – Pemerintah Kota Madinah telah merampungkan jalur sepeda di sepanjang jalan utama dan di dalam lingkungan perumahan di kota itu yang panjangnya mencapai 70 kilometer.

Kantor Berita Arab Saudi (SPA) pada Selasa (26/12/2023) melaporkan, jalur yang telah dibangun sepanjang tahun ini menjadi bagian dari program pemerintah kota untuk meningkatkan kualitas hidup warga Madinah.

Pembangunan itu juga bertujuan untuk mempersiapkan ruang publik yang dapat mendorong berbagai aktivitas olahraga dalam program “Humanisasi Kota”.

Jalur baru sepeda ini diharapkan berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan para pemula dan profesional serta mengembangkan kesadaran warga akan kesehatan dan olahraga.

Di samping itu, keberadaan jalur itu juga memungkinkan penggunaan sepeda sebagai alat transportasi ringan, menjadi alternatif yang aman dalam sistem transportasi umum.

Menurut SPA, terdapat lebih dari 165 stasiun sepeda dan skuter di Madinah melalui layanan Careem Bike.

Persebaran stasiun itu mencakup sebagian besar lingkungan dan lokasi vital di Madinah.

Kehadiran fasilitas ini diharapkan dapat memberikan solusi inovatif sebagai sarana transportasi ramah lingkungan yang memudahkan proses bagi warga dan pengunjung.

Kantor berita itu mengungkapkan, jalur sepeda di Madinah dirancang sesuai standar keamanan dan keselamatan untuk melayani semua segmen dan usia, baik profesional, penggemar, atau orang berkebutuhan khusus, dan jalurnya terpisah dari lalu lintas.

“Pemerintah kota berencana untuk mencapai aksesibilitas komprehensif dengan memperluas jaringan jalur sepeda yang aman sepanjang 220 kilometer linier pada akhir 2025 untuk mencakup 33 lokasi penting di Madinah,” ungkap SPA.

Fasilitas ini memungkinkan para pengunjung menjelajahi destinasi baru dan menikmati pengalaman unik mengingat tersedianya stasiun persewaan Careem Bike di situs dan atraksi bersejarah.

“Layanan ini juga akan tersedia di area pusat sekitar Masjid Nabawi dan lingkungan pemukiman untuk menyediakan jalur sepeda yang aman guna mencapai transportasi berkelanjutan, mengurangi dampak lingkungan, dan mendorong penggunaan sepeda sebagai salah satu alat transportasi dasar dalam kota,” tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *