Pekanbaru, pilarbangsa.com – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Pekanbaru kedatangan tim assesor dari Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) untuk melaksanakan visitasi pada Rabu, 29 November 2023.

Kunjungan rombongan tim PKKM tersebut merupakan kegiatan proses pengumpulan, analisis dan interprestasi data tentang kualitas kinerja Kepala Madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai bentuk upaya pengawasan binaan untuk dapat mengembangkan kompetensi lembaga pendidikan madrasah.

Kegiatan PKKM ini sesuai dalam petunjuk teknis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru Tenaga Pendidikan Madrasah yang ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 tahun 2019 tentang penilaian kinerja kepala madrasah selama satu tahun dan empat tahun.

Adapun tentang kinerja Kepala Madrasah, sebagaimana juknis dinilai berdasarkan lima komponen penilaian.

Kelimanya terdiri atas empat tugas utama Kepala Madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan, sehingga kelimanya meliputi :

1. Usaha pengembangan madrasah;
2. Pelaksanaan tugas managerial;
3. Pengembangan kewirausahaan;
4. Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan; dan
5. Hasil kinerja kepala madrasah.

Untuk diketahui, empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala madrasah) dinilai setiap empat tahun sekali.

Penilaian kinerja madrasah (PKKM) Tahun 2023 kali ini dilakukan oleh Penilai Assesor PKKM dari Pengawas Madrasah dibawah naungan Kemenag Kota Pekanbaru dipimpin oleh Muktaruddin, S.Pd.I, M.Pd.I dan didampingi Elza Putri, M.Pd selaku Pengawas MAN 3 Kota Pekanbaru. 

Kedatangan tim assesor disambut langsung oleh Kepala MAN 3 Kota Pekanbaru H. Marzuki, M.Ag, didampingi ketua panitia Ekwanir Putri Elis, M.Pd.

Dalam sambutan Kepala MAN 3 Pekanbaru menyampaikan rasa senang dan bahagia dengan kedatangan assesor yang berkenan datang ke MAN 3 ini, sebab yang menilai selama ini adalah dari pihak luar atau orang lain.

“Kalo tim penilai dari luar, tentu kita tidak bisa menilainya,” canda Marzuki.

Beliau juga mengucapkan selamat datang serta memberikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kedatangan tim penilai, dengan harapan hasil penilaian ini akan menjadi acuan peningkatan kinerja Kepala Madrasah pada masa yang akan datang.

Pada kesempatan lain Elza Putri, M.Pd selaku pengawas MAN 3 Kota Pekanbaru menyampaikan bahwa PKKM ini merupakan kegiatan rutinitas setiap tahun yang bertujuan untuk menghimpun informasi, evaluasi dan pembimbingan kinerja kepala madrasah.

“Maka jika ada terdapat kekurangan bukan berarti Kepala tidak menjalankan tugasnya dengan baik namun merupakan bahan evaluasi bersama kenapa tidak terlaksana dengan baik maka dia akan menjadi PR bersama,” singkat Elza.
 
Pelaksanaan kegiatan penilaian dimulai dari jam 09.00 hingga 12.00 siang, sebagai penutup dilakukan sesi foto bersama. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *