Info, pilarbangsa.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari memastikan bawah rangkaian debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dilakukan di Jakarta.

Sebelumnya sempat ada wacana debat akan diselenggarakan di wilayah luar Jakarta.

“Ada kemungkinan rencananya di Jakarta semua. Ada 1 nanti entah pembukaan atau penutupan di kantor KPU,” terang Hasyim di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/11).

KPU, sambung Hasyim, masih akan menggelar beberapa pertemuan dengan sejumlah lembaga dan organisasi masyarakat sipil membahas soal debat.

Hasil pertemuan tersebut, sambung Hasyim, akan dibahas dengan tim pasangan calon capres-cawapres.

“Akan dibahas juga dengan tim pasangan calon hari ini jg supaya kemudian makin matang, supaya ada materi yang makin matang termasuk juga kita membahas panelis, siapa saja panelis untuk topik-topik diskusi atau topik-topik debat yang akan dibahas nanti,” terangnya.

Hasyim menuturkan dalam Undang-Undang No.7/2017 tentang Pemilu, ada topik-topik yang dibahas dalam debat capres-cawapres.

Topik debat antara lain menyangkut situasi global, regional serta dampaknya terhadap Indonesia dalam jangka waktu 5 tahun masa jabatan presiden dan wakil presiden.

“Kondisi keuangan, kondisi ekonomi kita seperti apa yang saya kira itu penting untuk didiskusikan, supaya apa yang didiskusikan itu faktual sesuai dengan fakta sesuai dengan kondisi yang dihadapi,” terang Hasyim. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *