Info, pilarbangsa.com – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terus mendorong implementasi tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dengan menggelar International Training mengenai Audit SDGs Fokus pada Transisi Energi sebagai bagian dari Green Economy, pelatihan ini berlangsung di Balai Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara Bali mulai hari ini, Senin (27/11/2023), hingga 1 Desember 2023.

Pada pembukaan pelatihan, Wakil Ketua BPK, Hendra Susanto, menekankan pentingnya green economy sebagai aspek kunci dalam kerangka SDGs. Green economy, yang dipacu oleh investasi publik dan swasta, diarahkan pada kegiatan ekonomi, infrastruktur, dan aset yang mendukung pengurangan emisi karbon, peningkatan efisiensi energi, serta pencegahan kerugian keanekaragaman hayati dan ekosistem.

Pergeseran paradigma menuju ekonomi hijau menjadi kunci untuk pelestarian lingkungan, penanggulangan perubahan iklim, dan pengurangan emisi gas rumah kaca.

Hendra menyatakan bahwa SAI (Supreme Audit Institution) memiliki peran vital dalam mendorong ekonomi hijau dengan memastikan penggunaan sumber daya publik yang efisien, transparan, akuntabel, dan efektif dalam inisiatif pembangunan lingkungan dan berkelanjutan.

Pelatihan ini dihadiri oleh 28 peserta dari 12 negara, termasuk Brasil, China, India, Irak, Kuwait, dan Arab Saudi. Para peserta merupakan auditor di SAI negara masing-masing.

BPK RI menggelar pelatihan ini sebagai upaya peningkatan kapasitas, membantu komunitas SAI meningkatkan kemampuan audit dalam konteks transisi energi.

Harapannya, hal ini dapat memberikan kontribusi positif dalam membangun komunitas auditor yang lebih tangguh.

BPK RI, melalui penyelenggaraan pelatihan internasional ini, menegaskan perannya sebagai role model dalam pemeriksaan transisi energi.

Hasil pemeriksaan BPK RI terkait audit lingkungan, energi terbarukan, dan perubahan iklim menjadi acuan dan masukan berharga bagi dunia internasional melalui SAI negara lain. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *