Pekanbaru, pilarbangsa.com – Memperingati HUT ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2023, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 14 Pekanbaru mengelar beberapa rangkaian kegiatan.

Kepala SMAN 14 Pekanbaru, Aslindawati S.Pd, M.M menjelaskan kegiatan diawali dengan berbagai perlombaan yang melibatkan seluruh tenaga pendidik atau guru dan dibantu oleh sebagian siswa.

“Kita akan mengadakan perlombaan tari zapin yang pesertanya dari guru dan siswa sebanyak 150 orang. Kemudian ada juga lomba tari kreasi melayu dan lomba sambung lagu yang peserta khusus para guru. Dan kegiatan ini akan kita laksanakan pada hari Jum’at 24 November besok,” ujar Kepsek Aslindawati.

Memaknai Hari Guru yang ke-78 ini Aslindawati mengatakan bahwa guru adalah seorang yang sangat diguguh lan ditiru atau yang dipercaya dan dicontoh oleh setiap murid-muridnya.

Guru pun menurutnya, harus bisa menjadi model bagi anak didiknya, tentunya yang diajarkan kepada murid adalah hal-hal positif dan bermanfaat.

“Jadi guru ini fungsinya ada 4P yaitu Pelajar, Pelatih, Pendidik, dan Pembentuk. Dan apabila 4P ini dimiliki dalam jiwa seorang guru tersebut, maka ia akan sosok guru yang pantas ditauladani. Kami berharap kedepan guru bisa lebih mampu meningkatkan potensinya, sehingga mampu menciptakan SDM yang cerdas dan berkualitas,” tutup Kepsek SMAN 14 Pekanbaru.

Untuk diketahui, peringatan puncak HGN tahun 2023 jatuh pada hari Sabtu, 25 November dan dilingkungan SMAN 14 Pekanbaru akan dilaksanakan upacara sekaligus pemotongan nasi tumpeng dan kue sebanyak 32 buah yang diperoleh dari sumbangsih seluruh murid. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *