Info, pilarbangsa.com – Bulan November ini, akan ada fenomena hujan meteor yang menghiasi langit malam Indonesia. Puncak hujan meteor Taurid-Utara akan terjadi pada 12 November 2023 mendatang.

Hujan meteor ini sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu. Instagram Observatorium Bosscha menjelaskan puncak hujan meteor Taurid-Utara terjadi mulai 18:27 WIB hingga fajar tanggal 13 November.

Pihak Bosscha mengingatkan waktu yang tercantum menggunakan waktu lokal Lembang, Jawa Barat. Kemungkinan akan ada perbedaan waktu bergantung pada wilayahnya.

Untuk melihatnya, masyarakat Indonesia dapat melihat dari arah rasi Taurus di langit utara, dikutip Jumat (3/11/23).

Laman Space menjelaskan hujan meteor ini terjadi setiap tahunnya tiap bulan November. Akan ada dua bagian yakni Taurid Selatan dan Taurid Utara.

Taurid Selatan telah terjadi sejak 28 September hingga 2 Desember mendatang. Puncak hujan meteor Taurid Selatan terjadi pada 4-5 November 2023.

Sementara Taurid Utara sudah dimulai sejak 13 Oktober 2023. Hujan meteor ini juga akan berakhir pada 2 Desember mendatang.

Namun fenomena ini disebut jauh lebih sempurna. Apalagi jika dibandingkan dengan hujan meteor lainnya, misalnya Perseid pada bulan Agustus dan Geminid pada Desember mendatang.

Saat puncaknya, hujan meteor Taurid yang terlihat juga tidak terlalu banyak. Space mencatat akan ada setengah lusin bintang jatuh per jamnya saat itu.

Hujan meteor Taurid biasanya kemungkinan memperlihatkan jumlah yang jauh lebih sedikit.

Karena Space menuliskan masyarakat kemungkinan tak menyadari adanya bintang jatuh di langit. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *