Jakarta, pilarbangsa.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menjelaskan kelanjutan rencana pemerintah memberikan insentif untuk implementasi teknologi jaringan telekomunikasi 5G di Indonesia.

Menurut Budi Arie, pekan depan Kemenkominfo akan berdiskusi mengenai hal itu.

“Lagi kami bahas. Nanti minggu depan kami akan ketemu dengan operator seluler,” kata Budi Arie dalam konferensi pers usai acara Launching Literasi Digital Keluarga Besar TNI di Menara Danareksa, Jakarta Pusat pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Budi Arie menyatakan bahwa ada dua hal yang menjadi fokus Kemenkominfo mengenai infrastruktur telekomunikasi 5G di Indonesia, yaitu jangkauan atau coverage dan kualitas atau quality.

Budi Arie menegaskan, Kemenkominfo berupaya untuk memastikan penyebaran infrastruktur telekomunikasi 5G ini merata di seluruh Indonesia.

Budi Arie juga mengatakan bahwa tidak hanya merata, tapi juga memperhatikan kualitas kecepatan internetnya.

“Jadi penyebarannya harus merata di seluruh Indonesia dan kualitas kecepatan internet kita harus tinggi,” kata Budi Arie.

Menurut Budi Arie, saat ini masih ada beberapa daerah di Indonesia yang belum memiliki kualitas internet yang tinggi.

“Kalau kita ke daerah-daerah internetnya masih lambat dan sinyalnya masih kurang. Jadi coverage-nya dan quality-nya (kurang),” ujar Budi Arie.

Sebelumnya diberitakan bahwa Kemenkominfo tengah menyiapkan insentif untuk implementasi teknologi jaringan telekomunikasi 5G di Indonesia.

Budi Arie mengatakan hal ini merupakan langkah strategis agar jaringan 5G dapat dioptimalkan untuk peningkatan kecepatan internet di Indonesia.

“Jadi negara investasi dulu, tidak usah bayar, sehingga bisa lebih murah operator mau melakukan investasi dalam jumlah yang besar,” kata Budi Arie dalam keterangan resmi Kamis, 28 September 2023.

Menurut Budi Arie, Kemenkominfo terus mendorong kecepatan internet agar Indonesia dapat menduduki peringkat 10 besar di dunia dengan jaringan 5G.

Target ini dibidik karena Indonesia memiliki jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia.

Bahkan, kata Budi Arie, pemerintah terus mengkaji dan merumuskan langkah-langkah strategis untuk mengeksekusi layanan jaringan 5G tingkat kecepatan internet yang lebih baik.

“Kami akan bersinergi dengan beberapa operator seluler dan ekosistem industri untuk merumuskan langkah-langkah yang paling baik,” kata Budi Arie. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *