Pariaman, pilarbangsa.com – ASN dilingkungan pemerintahan kota pariaman ikuti peringatan hari Kesaktian Pancasila yang digelar oleh Pemerintah Kota Pariaman, bertempat di halaman balai kota pariaman Minggu (01/10/23).

Acara tersebut dihadiri oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar selaku inspektur upacara didampingi oleh Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, dan juga dihadiri oleh Sekda Kota Pariaman Yota Balad, Kepala OPD, Forkopimda, Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ketua GOW Kota Pariaman dan Ketua DWP Kota Pariaman.

Untuk tahun 2023 peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tangggal 1 Oktober setiap tahunnya mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

Sejarah terbentuknya Hari Kesaktian Pancasila, tidak lepas dari peristiwa pemberontakan gerakan 30 September oleh PKI atau lebih dikenal dengan singkatan G30S/PKI. Karena itu peringatan Hari Kesaktian Pancasila diperingati sehari setelah peringatan G30S/PKI.

Peringatan ini bertujuan agar bangsa Indonesia mengingat kembali peristiwa Gerakan 30 September (G30S/PKI) dan juga untuk mencegah terulangnya kembali peristiwa tersebut.

Pada tanggal 1 Oktober 1966, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pertama kali dilakukan di Lubang Buaya, Jakarta.

Hari Kesaktian Pancasila merupakan peringatan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang menjadi pedoman hidup masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Selain itu peringatan hari Kesaktian Pancasila juga dilaksanakan untuk memperingati dan mengenang jasa para pahlawan revolusi yang telah gugur akibat kekejaman Partai Komunis Indonesia dalam peristiwa G30S/PKI pada tahun 1965, dimana saat enam orang jendral dan satu orang letnan TNI AD telah dibunuh secara keji. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *