Pekanbaru, pilarbangsa.com – Memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke 78, Batalyon Komando (Yonko)/462/Kopasgat melaksanakan bakti sosial kemanusiaan berupa donor darah.

Sebanyak kurang lebih 25 orang prajurit Yonko 462 Kopasgat ditambah dengan rombongan PIA Ardhya Garini Ranting 01-04/G.IV Yonko 462 Kopasgat ikut serta terlibat untuk mendonorkan sebagian darahnya yang bekerja sama dengan pihak Palang Merah Indonesia (PMI) kota Pekanbaru.

Kegiatan dilaksanakan pada Minggu, 24 September 2023 bertempat di Atrium salah satu pusat perbelanjaan modern terpadat di kota Pekanbaru, dipimpin langsung oleh Komandan Yonko (Dan Yonko) 462/Kopasgat, Letkol Pas Anang Kurniawan.

Adapun untuk tema yang diangkat pada HUT TNI ke 78 tersebut menurut Dan Yonko 462/Kopasgat yakni TNI Patriot NKRI : Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju.

Ia juga menyampaikan aksi kemanusiaan donor darah ini dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia, hal ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI berbagi antar sesama dengan masyarakat.

“Untuk donor darah prajurit Yonko 462/Kopasgat  rutin melaksanakan, ini merupakan sumbangsih dari kita bukan hanya materi maupun tenaga, mungkin saja satu tetes darah yang kita berikan ini sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan,” ujar Dan Yonko 462/Kopasgat.

Atas nama Yonko 462/Kopasgat, ia berharap dengan bertambahnya umur TNI, tentunya dapat semakin solid serta profesional dan terus bersemangat dalam mengabdi kepada bangsa dan negara, sebagai wujud pertanggungjawaban kepada masyarakat.

“Dan kita berharap juga semoga TNI dan masyarakat di era digitalisasi ini bisa saling melengkapi dengan berkomunikasi yang baik, sehingga tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu negatif. Marilah bersama kita jaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena sejati TNI adalah Rakyat,” tutup Letkol Pas Anang.

Salah satu perwakilan prajurit yang ikut serta mendonorkan darahnya, Lettu Pas Aji Yuda menyampaikan rasa senang karena telah membantu masyarakat dengan menyumbangkan sebagian darahnya.

“Disini tujuan kita ikhlas membantu masyarakat, selain itu, donor darah ini juga bisa memberikan kesehatan bagi tubuh kita serta menunjang aktifitas fisik selama latihan dan bertugas sehari-sehari,” singkat Aji Yuda.

Diakhir rangkaian kegiatan bakti sosial kemanusiaan berupa donor darah, seluruh prajurit Yonko 462/Kopasgat merasakan kebanggaan tersendiri, karena bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Semoga TNI khususnya Yonko 462/Kopasgat selalu jaya dan maju terus. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *