Batam, pilarbangsa.com – Tiga menteri Kabinet Indonesia Maju menggelar rangka rapat koordinasi percepatan pengembangan investasi ramah lingkungan kawasan Pulau Rempang di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Ahad siang 17 September 2023.

Rapat koordinasi tiga menteri di Hotel Marriott Batam ini berlangsung sekitar empat jam. Setelah rapat berlangsung Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia langsung menyampaikan hasil rapat kepada jurnalis.

Konferensi pers didampingi juga oleh Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian.

“Hari ini kita melakukan rapat teknis terkait dengan dinamika investasi Pulau Rempang,” kata Bahlil, Ahad 17 September 2023.

Ia mengatakan, ada beberapa point yang dibacarakan dalam rapat koordinasi tersebut.

“Alhamdulillah kami sudah melakukan beberapa kesepatakan, yang akan dibicarakan dengan rakyat,” kata Bahlil.

Salah satunya kata Bahlil, adalah proses penanganan Rempang yang harus dilakukan dengan cara baik.

“Kita harus tetap memberikan penghargaan kepada masyarakat yang sudah secara turun temurun di sana, nanti kita komunikasi lagi dengan baik dan layak kepada warga,” kata Bahlil.

Masalahnya, kata Bahlil, tidak hanya berkaitan dengan warga yang berada di Pulau Rempang yang secara turun temurun.

Tetapi, ada juga ditengarai beberapa oknum orang yang membangun usaha di Pulau Rempang.

“Yang persoalan ini izin mereka sudah dicabut, ini butuh penanganan khusus,” katanya.

Setelah itu kata Bahlil, pihaknya akan melakukan rapat secara rutin setiap pekan untuk menyelesaikan masalah Rempang ini. “Kepala BP Batam, Gubernur Kepri, dan saya sudah bersepekatan setiap minggu rapat,” kat Bahlil.

Ia juga mengungkapkan, terkait keamanan akan tetap dilakukan tetapi secara soft. “Urusan keamanan Wakapolri menjamin, akan dilakukan secara soft,” ujarnya.

Bahlil meyakinkan bahwa investasi ini untuk kesejahteraan rakyat, membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan. (*)

sumber : tempo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *