Jakarta, pilarbangsa.com – Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditargetkan beroperasi pada 1 Oktober 2023. Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi alias Edo menjelaskan hitung-hitungan usulan tarif sepur kilat yang masih di kisaran Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribu.

“Yang penting kita kasih yang premium ekonomi di Rp 250 ribu. Nanti bundling dengan LRT dan KA Feeder, usulannya Rp 300 ribu,” ujar dia di Stasiun Halim, Jakarta Timur, pada Rabu, 13 September 2023.

Sedangkan untuk tarif first class dan business class pada sepur kilat itu akan berbeda, karena segmennya juga berbeda.

Untuk tarif bundling, kata Edo, masih dibicarakan dengan pihak PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI dan LRT Jabodebek.

“Masih kita diskusikan,” kata Edo.

Sedangkan soal Commercial Operation Date (COD) atau operasional komersil, Edo melanjutkan, KCIC masih menunggu sertifikasi izin operasi dari Kementerian Perhubungan.

Intinya, KCIC akan mengikuti regulasi yang ada. “Akan mengikuti regulator dan mengikutip apa yang menjadi arahan pemerintah.”

Sementara, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal memastikan operasional komersil Kereta Cepat Jakarta-Bandung dilakukan pada 1 Oktober 2023.

Dia mengungkapkan hal itu setelah menjajal sepur kilat bersama Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

“Fix Insyaallah (1 Oktober 2023 operasional komersil),” ujar dia di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Rabu, 13 September 2023.

Kemenhub, kata Risal, juga mengupayakan agar sertifikasi izin operasi kereta cepat akan segera diterbitkan.

“(Satu minggu) kita upayakan,” ucap Risal.

Presiden Jokowi menjajal KCJB pagi ini Rabu, 13 September 2023. Berdasarkan pantauan Tempo di Stasiun Halim, uji coba tersebut dilakukan bersama para menteri, seniman, hingga komedian yang dijadwalkan melaju pada pukul 09.00 WIB.

Mereka menjajal kereta cepat dengan rute Stasiun Halim menuju ke Stasiun Padalarang, bahkan mereka mejajal kereta api feeder dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *