Pekanbaru, pilarbangsa.com – Dalam rangka memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68, Ditlantas Polda Riau mengelar aksi sosial berupa pemberian paket sembako dan pemeriksaan kesehatan secara gratis dari Bidang Dokkes Polda Riau.

Pemberian paket sembako sebanyak 200 buah tersebut diberikan secara langsung kepada drive ojek online, petugas kebersihan, pengemudi bus, pengemudi trans metro, pengemudi taksi, dan driver pengantaran shopee. Dengan ketentuan pengambilan paket sembako tersebut menggunakan kupon.

Hal tersebut dikatakan oleh Kompol Fauzi selaku  ketua seksi bansos dan cek kesehatan peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 Polda Riau yang dilaksanakan di Terminal Tipe A BRPS kota Pekanbaru

“Selain itu kita juga melakukan pengecekan kesehatan gratis berupa cek tensi, cek kolestrol, dan cek gula darah. Serta pemberian vitamin untuk seluruh warga terminal sebanyak 264 buah,” ujar Fauzi.

“Dari laporan sementara yang kami terima  terdapat 264 orang yang melakukan cek tensi, 223 orang cek kolestrol, dan 124 orang memeriksa gula darah. Dan untuk sembako terdiri dari beras, gula pasir, minyak goreng, teh kotak, dan susu kental manis,” tutupnya.

Sebelumnya Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi melalui video conference atau Vicon yang disaksikan langsung secara serentak oleh seluruh Ditlantas Polda se Indonesia mengatakan bahwa pelayanan lalu lintas bagi masyarakat selalu terus diberikan sesuai mengikuti perkembangan zaman dengan inovasi-inovasi terbaru.

“Kita telah melakukan beberapa inovasi dan modernisasi pelayanan masyarakat, mulai dari Informasi Teknologi (IT) seperti IRSMS mobile untuk masyarakat, sarana prasarana di Bidang pengawalan patroli jalan raya sampai dengan  penegakan hukum face Recognation pada ETLE,” ujar Kakorlantas Polri.

“Beberapa inovasi tersebut semata-mata guna memberikan pelayanan yang optimal dan maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam rangka mendukung program prioritas Kapolri PRESISI terkait dengan peningkatan kualitas pelayanan publik dan mewujudkan pelayanan publik yang terintegrasi,” ulasnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh jajaran polisi lalu lintas bahwasanya dalam menghadapi tahun politik pada Pemilu 2024 nanti, agar bisa menghimbau masyarakat untuk bisa berpartisipasi dan mengawal proses agenda 5 (lima) tahun dalam sekali dengan lancar dan damai.

“Marilah kita sukseskan Pemilu Serentak 2024 yang jujur dan adil dengan memberikan rasa aman dan nyaman, dalam mendukung Indonesia maju dan bermartabat di mata dunia,” tutup Kakorlantas Polri. 

Direktur Lalu Lintas  (Ditlantas) Polda Riau Kombes Pol Dwi Nur Setiawan SIK, MH mengatakan bahwa kegiatan bansos dan cek kesehatan merupakan pelaksanaan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Tujuan kita melakukan ini untuk meringankan beban mereka sekaligus mengajak agar selalu tertib dan disiplin berlalu lintas, karena mereka si penerima manfaat ini pengguna kendaraan di jalan,” ujar Dirlantas Polda Riau.

“Dan khususnya kepada petugas kebersihan di jalan kita berikan juga paket sembako, mengingat perannya sangat penting dan bersentuhan langsung dengan lalu lintas di jalan-jalan, seperti banyaknya sampah dan pasir yang bisa membahayakan bagi pengguna jalan,” imbuhnya.

Dirlantas menjelaskan selain kegiatan bansos dan cek kesehatan dalam memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68, Ditlantas Polda Riau juga telah menggelar beberapa rangkaian  kegiatan, diantaranya Bakti religi membersihkan rumah ibadah, bedah rumah, lomba puisi tingkat SD dan SMP, olah raga bersama, lomba kicau burung, dan donor darah massal.

“Untuk kegiatan puncak Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 akan kita laksanakan di tanggal 25 September nanti secara serentak,” ujar Kombes Dwi Nur.

Terakhir, ia menyampaikan pesan kepada masyarakat khususnya pengguna jalan agar tetap menjaga keselamatan dalam berlalu lintas, karena hal ini merupakan kunci utama kita menjalankan aktifitas sehari-hari.

“Kenapa keselamatan ini sangat penting, karena apabila dari salah satu anggota keluarga kita mendapatkan musibah di jalan, maka secara tidak langsung akan menganggu aktifitas seluruh keluarganya. Maka kita mohon kepada masyarakat selalu patuhi peraturan lalu lintas dan disiplin dalam berkendaraan,” tutup Dirlantas.

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Kepala Bapenda Riau Syahrial Abdi, Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Riau Hasjudin, Wadir Lantas Polda Riau AKBP Nurhadi Ismanto, Korsatpel terminal Tipe A BRPS Septi, dan seluruh Kasat Lantas jajaran Polres/Polresta se Polda Riau. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *