Pekanbaru, pilarbangsa.com – Bersempena memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2023, berbagai rangkaian kegiatan pertandingan digelar dimasing-masing instansi pemerintah maupun organisasi perhubungan.

Pada Jum’at, 8 September 2023, pertandingan Tenis Meja dilaksanakan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Pekanbaru, dengan skema pertandingan dibagi dua yakni, kelas eksibisi tenis meja eksekutif ganda dan tunggal serta kelas reguler ganda dan tunggal.

Untuk ketentuan kegiatan, Yusuf sebagai Koordinator pertandingan mengatakan para peserta pemain yang didaftarkan wajib sebagai pegawai/karyawan dari instansi maupun perusahaan yang telah terdata.

Dan juga, Yusuf menyebutkan untuk perlengkapan permainan tenis meja seperti bed setiap tim maupun individu wajib membawa masing-masing.

“Untuk teknis pertandingan kelas eksibisi memakai sistem gugur. Untuk bermain ganda mereka mencari tandem atau kawan dari setiap instansi. Dan pertandingan kelas reguler memakai sistem setengah kompetisi yakni masing-masing instansi akan berjumpa dalam satu group yang telah dibagi menjadi 2 group dalam 10 tim mendaftar, sampai nantinya masuk final,” tutup Yusuf.

Sebagai tuan rumah, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A (Kakan SAR) Pekanbaru Budi Cahyadi S.Sos, MM sebelumnya menyampaikan selamat Hari Perhubungan Nasional tahun 2023, transportasi maju untuk Indonesia maju.

Menurutnya, atas nama Kantor SAR Pekanbaru menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Riau yang telah melibatkan sebagai salah satu panitia peringatan Harhubnas di tahun 2023.

“Ini menjadi kehormatan bagi kami yang telah dipercayakan sebagai tuan rumah pertandingan tenis meja, sehingga kami merasakan sinergi dengan seluruh insan perhubungan lainnya. Tentunya hal ini dapat memperkuat kinerja Basarnas khususnya diwilayah Provinsi Riau dalam melayani masyarakat,” ujar Budi Cahyadi.

“Dengan adanya kegiatan pertandingan Tenis Meja di sini, maka teman-teman instansi organisasi lain bisa mengunjungi kantor kami, sehingga tentunya masukan beserta saran bisa langsung kami terima dan bisa menjadi evaluasi kinerja kami kedepannya,” imbuhnya.

Budi juga menyampaikan pesan kepada para peserta agar dapat menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, kalah maupun menang merupakan hal yang biasa, karena kita merupakan saudara satu sama lainnya.

“Marilah kita semua just for find atau bersenang-senang, tetapi tunjukan yang terbaik dalam pertandingan tenis meja ini,” pesan Kakan SAR Pekanbaru.

“Kami berharap pada peringatan Harhubnas tahun 2023, insan perhubungan di Indonesia semakin maju, maka teruslah berkarya, bersinergi, dan berkolaborasi antar sesama,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Pekanbaru Capt. Herbert E.P Marpaung melalui Kasi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli Ahmad Dani menyampaikan untuk rangkaian kegiatan memperingati Harhubnas tahun 2023 di Provinsi Riau dimulai dari tanggal 8 hingga 24 September nanti.

Menurutnya, pertandingan Tenis Meja merupakan kegiatan perdana yang dipusatkan di Kantor SAR Pekanbaru, kemudian dilanjutkan dengan pertandingan catur dan domino pada tanggal 12 sampai 14 September 2023 bertempat di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Riau.

“Ditempat terpisah pada tanggal 12 September nanti kita menggelar kegiatan donor darah yang akan dilaksanakan di Kantor Jasa Raharja. Kita juga melakukan bakti sosial kunjungan ke beberapa Panti Asuhan dan Pondok Pesantren pada tanggal 14 sampai 16 September nanti,” ujar Dani.

“Masih di tanggal 14 hingga 16 September kita juga melaksanakan pertandingan futsal di lapangan Aero Sport Simpang Tiga. Moment semua ini merupakan memperingati Harhubnas tahun 2023 dengan hastag melaju untuk transportasi maju,” tambahnya.

Untuk puncak kegiatan Harhubnas tepat pada tanggal 17 September 2023, Dani menyampaikan bahwasanya akan dilaksanakan upacara bersama yang direncanakan dipimpin langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar yang bertempat di Pelabuhan Pelindo Pasar Bawah.

“Pada penutupan nanti pada tanggal 24 September 2023, akan kita gelar kegiatan jalan santai bersama sekaligus pemberian hadiah kepada pemenang pertandingan-pertandingan di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Riau,” jelas Dani.

Terakhir, Dani menjelaskan untuk kegiatan Harhubnas tahun 2023 KSOP Kelas II Pekanbaru ditunjuk oleh Kementerian Perhubungan Pusat sebagai koordinator kegiatan di Provinsi Riau, ia berharap pelaksanaan dapat berjalan sukses dan lancar.

“Semoga kedepannya hubungan kita dengan seluruh stakeholder maupun pemangku kepentingan terjalin dengan baik dan dapat terjalin rasa kebersamaan,” tutup Dani.

Pembukaan kegiatan pertandingan Tenis Meja diawali dengan pertemuan di kelas eksibisi ganda antara Kakan SAR Pekanbaru duet Organda melawan BMKG duet BPTD Riau.

Untuk pertandingan Tenis Meja diikuti oleh 10 tim, diantaranya Kantor SAR Pekanbaru, KSOP Pekanbaru, Pertamina, BMKG, INSA, Dishub Riau, PT. Angkasa Pura II, BPTD Riau, dan Jasa Raharja. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *