Info, pilarbangsa.com – Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri telah membentuk Tim Respons Insiden Keamanan Komputer (CSIRT) untuk menginvestigasi peretasan akun YouTube DPR RI yang mempublikasikan konten video perjudian daring.

Brigjen Pol Adi Vivid Agustiadi Bachtiar selaku Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri telah merespons informasi ini dengan melakukan penyelidikan.

“Tim CSIRT Direktorat Tindak Pidana Siber sudah turun untuk melakukan penyelidikan terkait kejadian tersebut,” ucap Vivid di Jakarta pada Rabu (6/9/2023).

Sejak Rabu (6/9/2023) pagi, akun YouTube DPR RI telah menampilkan beberapa video live streaming dengan konten perjudian daring.

Paling tidak, ada empat video perjudian daring yang telah diunggah ke akun YouTube DPR RI dengan menggunakan tulisan berbahasa asing.

Selain membagikan konten video, gambar profil saluran YouTube DPR RI juga telah diganti dengan gambar yang menampilkan tulisan slot baris.

Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI saat ini tengah menjalin komunikasi dengan pihak Google baik di Indonesia maupun di Amerika Serikat (AS) untuk mengidentifikasi penyebab masuknya peretas atau hacker yang tidak bertanggung jawab ke akun YouTube DPR RI tersebut.

“Sekitar pukul 5.30 (WIB), akun YouTube DPR di-hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan ini sudah menjadi perhatian kami,” ucap Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Pusat Teknologi Informasi (Pustekinfo) DPR RI juga sedang melakukan usaha pemulihan secara manual pada akun YouTube DPR RI yang telah diakses secara ilegal dengan melibatkan upaya internal mereka sendiri.

“Dan kami berharap dalam waktu segera, sejam ke depan, ini sudah bisa kembali pulih,” ucap Indra. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *