Pekanbaru, pilarbangsa.com – Rapat Koordinasi (Rakor) Tim kewaspadaan dini masyarakat daerah Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/kota se Provinsi Riau secara resmi dibuka pada Selasa, 05 September 2023.

Kegiatan mengangkat tema ‘bersama sukseskan Pemilu 2024 untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa yang dibuka langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting AP, M.Si

Dalam penyampaian kepada media pilarbangsa.com, Kaban Kesbangpol Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting mengatakan pentingnya kegiatan ini untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang dengan terus memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesama.

“Tentunya dengan perbedaan pilihan dan warna kita semua, namun tetap cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. Khususnya kami menghimbau kepada peserta yang hadir disini tetap jaga kondusifitas wilayah pelaksanaan Pemilu 2024 nanti. Sehingga dengan demokrasi yang terbangun baik terserbut, akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas,” jelas Jenri.

Jenri menyebutkan, kegiatan rapat koordinasi ini  juga untuk mengetahui permasalahan sosial maupun konflik serta kerawanan daerah disetiap wilayah di Provinsi Riau.

“Rekomendasi hasil rapat ini akan kita sampaikan langsung kepada Bapak Gubernur Riau. Apalagi kita sudah suatu aplikasi Laporan Situasi Daerah atau Lapsitda yang berfungsi memproses pengambilan data permasalahan disetiap wilayah kabupaten/kota di Riau secara akurat dan tepat,” tutup Jenri.

Sementara itu, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Riau Rudi Irawan S.Pd, M.Pd., mengatakan kegiatan rapat koordinasi ini dihadiri oleh seluruh anggota FKDM kabupaten/kota se Provinsi Riau.

“Dari kegiatan rapat koordinasi ini kita akan membahas informasi secara tepat dan akurat tentang kejadian-kejadian serta ancaman dan hambatan menghadapi Pemilu 2024, semoga harapan kita bisa aman dan kondusif,” ujar Rudi.

“Mari kita berkerja sama dan berkoordinasi satu sama lainnya, serta laporan-laporan yang diberikan bisa lebih cepat diterima demi mencegah terjadinya konflik,” tutupnya.

Sebagai pembicara, Kepala BIN Daerah (Kabinda) Riau Brigjen TNI R Wibisono menyampaikan pesan agar tetap selalu menjaga silaturahmi dengan baik, sehingga akan memberikan informasi yang jelas.

“Harapannya informasi dini kita peroleh, maka penanganan masalah kita bisa cepat ditangani. Pemilu kita jaga, dengan memelihara persatuan dan kesatuan,” singkat Kabinda Riau.

Adapun sebagai pembicara kegiatan Rapat Koordinasi Tim kewaspadaan dini masyarakat daerah Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/kota se Provinsi Riau, yakni Ditjen Polpum Kemendagri diwakili oleh Kasubdit Kewaspadaan Media dan Informasi Kemendagri RI Baginda Achmadsyah Lubis S.Sos, Anggota DPD RI Edwin Pratama Putra, Kabinda Riau Brigjen TNI R.Wibisono, Dansub Satgas Bais Wilayah Riau, Mayor Kes Gugun Rahman, Dinas Kominfo Riau, KPU Riau dan Bawaslu Riau. *(mrz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *